Rusia Tidak Peduli Jika Zelensky Terlibat Dalam KTT G20

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov
Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov
Sumber :
  • Twitter @mfa_russia

VIVA – Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan bahwa Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dengan senang hati berbicara di forum mana pun, termasuk dalam KTT G20 mendatang yang diadakan di Bali, Indonesia. Meski demikian, Rusia tidak peduli apakah Zelensky akan menghadiri KTT tersebut atau tidak.

"Zelensky adalah bagian tak terpisahkan dari pertemuan apa pun sekarang," kata Lavrov pada konferensi pers pada Selasa, 28 Juni 2022, setelah bertemu dengan rekan-rekan dari negara-negara Kaspia, dikutip dari kantor berita Rusia TASS, Rabu 29 Juni 2022.

"Rupanya, dalam interval antara menerima instruksi dari Washington, dia dengan senang hati menyampaikan pidato yang penuh air mata, apa pun formatnya," ujar Lavrov.

Baca juga: Jarak Jokowi dengan Titik Ledakan Terdekat Saat Kunjungi Ukraina

Soal KTT G20 yang akan diselenggarakan di Indonesia, Lavrov menegaskan bahwa Rusia tidak peduli apakah dia ada di suatu tempat di Bali. 

"Tapi kami selalu menghormati tindakan negara tuan rumah," tutur Lavrov.

Sebelumnya pejabat kedutaan Rusia di Indonesia yakni Denis Tetiushin mengungkapkan bahwa Menteri Luar Negeri Rusia akan menghadiri pertemuan para menlu yang diselenggarakan di Bali pada 7-8 Juli 2022 mendatang.