Turki Cabut Hak Veto, Swedia dan Finlandia Akan Jadi Anggota NATO

VIVA Militer: Pasukan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO)
VIVA Militer: Pasukan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO)
Sumber :
  • bmvg.de

VIVA – Sekutu NATO yakni Turki mencabut hak vetonya atas Finlandia dan tawaran Swedia untuk bergabung dengan aliansi Barat pada Selasa 28 Juni 2022, setelah ketiga negara sepakat untuk melindungi keamanan satu sama lain. Keputusan Turki ini mengakhiri drama selama berminggu-minggu yang menguji persatuan sekutu melawan invasi Rusia ke Ukraina.

Terobosan tersebut terjadi setelah empat jam pembicaraan sebelum pertemuan puncak NATO dimulai di Madrid, Spanyol, untuk menghindari kebuntuan memalukan pada pertemuan 30 pemimpin yang bertujuan untuk menunjukkan tekad melawan Rusia, yang sekarang dilihat oleh aliansi pimpinan Amerika Serikat sebagai ancaman keamanan langsung.

Sekjen NATO Jens Stoltenberg saat berada di Ankara Turki

Sekjen NATO Jens Stoltenberg saat berada di Ankara Turki

Photo :
  • AP Photo/Burhan Ozbilici

Dengan persetujuan Turki, itu berarti Helsinki dan Stockholm dapat melanjutkan aplikasi mereka untuk bergabung dengan aliansi bersenjata nuklir, memperkuat apa yang akan menjadi perubahan terbesar dalam arsitektur keamanan Eropa dalam beberapa dekade, karena kedua negara Nordik yang lama netral mencari perlindungan NATO.

"Menteri luar negeri kami menandatangani memorandum trilateral yang menegaskan bahwa Turki akan mendukung undangan Finlandia dan Swedia untuk menjadi anggota NATO," kata Presiden Finlandia Niinisto dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Channel News Asia, Rabu 29 Juni 2022.

Langkah-langkah aksesi Finlandia dan Swedia ke NATO akan disepakati dalam dua hari ke depan, menurut Niinisto.

Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, dan kepresidenan Turki mengonfirmasi kesepakatan itu dalam pernyataan terpisah, setelah pembicaraan antara kepala NATO, Presiden Turki Tayyip Erdogan, Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson dan Presiden Finlandia Niinisto.