Wali Kota Kherson Ukraina Diculik Tentara Rusia

Wali kota Kherson Ukraina, Ihor Kolykhaiev diculik tentara Rusia
Wali kota Kherson Ukraina, Ihor Kolykhaiev diculik tentara Rusia
Sumber :
  • FB UkrainianInformationShield

VIVA – Wali kota Kherson, Ihor Kolykhaiev, telah diculik oleh pasukan Rusia, menurut penasihat Kolykhaiev, Halyna Liashevska. Kolykhaiev telah menjadi salah satu dari sejumlah wali kota Ukraina yang diculik selama invasi Rusia ke Ukraina.

Penculikan tersebut dinilai, bahwa Rusia berusaha untuk merusak demokrasi dan mengganti politisi yang terpilih secara demokratis dengan pejabat pro-Kremlin.

Di kota selatan Dniprorudne, walikota Yevheniy Matvieyev diculik oleh pasukan Rusia pada 13 Maret 2022 lalu.

Selain itu, Wali Kota Melitopol, Ivan Fedorov, juga diculik seminggu sebelumnya dan telah memicu protes oleh warga Ukraina dan seruan oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk segera membebaskannya.

"Uni Eropa mengutuk keras penculikan walikota Melitopol dan Dniprorudne oleh angkatan bersenjata Rusia,” kata kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell dalam sebuah postingan di Twitter miliknya, dikutip dari Kyiv Post, Rabu 29 Juni 2022.

Tidak ada rincian lebih lanjut yang diberikan mengenai penculikan Kolykhaiev hari ini. Penasihatnya hanya mengkonfirmasi melalui Facebook bahwa pasukan Rusia mengambil Ihor Kolykhayev.

Wali kota dilaporkan saat itu berada di kantornya di mana staf komite eksekutif, yang tetap berada di kota, pindah setelah Kherson dikuasai oleh Rusia. Dia dikawal keluar dari kantornya dengan borgol.