PM Italia Sebut Putin Dikecualikan Dalam KTT G20 di Indonesia

Perdana Menteri Italia, Mario Draghi.
Sumber :
  • AP News Foto

VIVA – Perdana Menteri Italia, Mario Draghi, mengatakan bahwa partisipasi langsung Presiden Rusia Vladimir Putin dalam KTT G20 dikecualikan. Melansir dari Front News Ukraine, Rabu 29 Juni 2022, dia mengatakan hal itu setelah dirinya menghadiri KTT G7 di Jerman.

Meski Tengah Perang, Kekuatan Militer Rusia Tumbuh 15%, Kok Bisa?

"Adapun kehadiran Presiden Putin di G20, Presiden Indonesia mengecualikannya, dia kategoris, dia tidak akan datang. Partisipasi jarak jauh mungkin, kita lihat saja," jelas Draghi.

Pertemuan para menteri keuangan G20. (Ilustrasi)

Photo :
  • Mast Irham/Pool Photo via AP)
Rusia Tiba-tiba Pindahkan Rudal Supersoniknya ke Timur Tengah, Bantu Iran?

Kremlin telah menanggapi pernyataan Draghi. Kremlin menjelaskan bahwa hadir atau tidaknya seseorang dalam KTT G20 bukan lagi wewenang Roma. Rusia juga menegaskan bahwa Putin menerima undangan dan merespons secara positif.

"Yah, bukan Draghi yang menentukan itu. Undangan datang, kami merespons positif," kata ajudan presiden Rusia Yuri Ushakov.

Jokowi Sempat Malu karena Indonesia Belum Jadi Anggota Penuh FATF

Ushakov juga menyarankan untuk menunggu kunjungan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ke Moskow pada 30 Juni 2022.

Presiden Jokowi yang memimpin G20 pada tahun ini, akan tiba di ibu kota Rusia pada hari Kamis untuk melakukan pembicaraan dengan mitranya dari Rusia Presiden Vladimir Putin. Indonesia memegang kepresidenan G20, dan di wilayah negara inilah KTT pada bulan November direncanakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya