5 Fakta Menarik Krimea yang Diambil Alih Rusia dari Ukraina

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Rusia di Krimea, Ukraina
Sumber :
  • Voice of America

VIVA – Dalam invasi yang sedang berlangsung antara Rusia Ukraina, wilayah yang dikenal sebagai Krimea telah muncul sebagai hadiah utama atas posisi yang telah dipegangnya. Pasukan sekutu Rusia di Krimea telah menguasai target utama, termasuk bandara, kantor pemerintah dan pangkalan militer. 

Israel-Iran Memanas, Erick Sebut Kontrak BUMN Pertahanan Naik 

Para pemimpin militer Rusia juga menuntut penyerahan total semua pasukan Ukraina di Krimea pada Senin 3 Maret 2022. Krimea begitu diinginkan oleh Ukraina dan Rusia sehingga perebutan sengit terjadi di sini. Wilayah ini terletak pada iklim yang unik, budaya yang beragam, geografi, dan sejarah yang sering bermasalah seperti yang dijelaskan LiveScience

1. Krimea adalah semi-otonom

Bantu Israel Tahan Serangan Teheran, Menlu Iran Temui Menlu Yordania

VIVA Militer: Armada Angkatan Laut Rusia (VMF) di Semenanjung Krimea

Photo :
  • neweasterneurope.eu

Krimea telah menjadi bagian dari Ukraina sejak tahun 1954, ketika pemimpin Soviet Nikita Khrushchev "menyerahkannya" kepada Ukraina, yang saat itu merupakan bagian dari Uni Soviet hingga pembubarannya pada tahun 1991. Sejak saat itu, Krimea telah ada sebagai wilayah semi-otonom Ukraina. 

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Krimea memiliki badan legislatifnya sendiri Dewan Tertinggi Krimea yang beranggotakan 100 orang dan kekuasaan eksekutif dipegang oleh Dewan Menteri, yang dipimpin oleh seorang ketua yang menjabat dengan persetujuan presiden Ukraina. Pengadilan, bagaimanapun, adalah bagian dari sistem peradilan Ukraina dan tidak memiliki otoritas otonom.

2. Iklim dan geografi Krimea

Danau Koyashskoye di Krimea

Photo :
  • Facebook/Sergey Anashkevitch

Krimea dikelilingi hampir seluruhnya oleh Laut Hitam, dan meliputi area seluas sekitar 10.000 mil persegi atau setara 26.000 kilometer persegi. Semenanjung ini terhubung ke daratan Ukraina oleh Tanah Genting Perekop yang sempit. Krimea menikmati iklim sepanjang tahun yang sama ringannya dengan lokasi Olimpiade Musim Dingin 2014. 

]Iklim adalah alasan besar mengapa para pemimpin Rusia begitu bersikeras untuk mempertahankan Krimea dalam lingkup mereka, sebab Laut Hitam adalah rumah bagi satu-satunya pelabuhan Rusia. Meskipun Krimea diakui di seluruh dunia sebagai bagian dari Ukraina, Angkatan Laut Rusia telah menempatkan armada di Laut Hitam. 

Mereka berada di pangkalan angkatan laut di Sevastopol (di selatan Krimea) sejak akhir 1700-an. Pada tahun 2010, Rusia merundingkan kesepakatan yang memungkinkan negara itu untuk berbagi pangkalan angkatan laut Sevastopol yang sangat penting hingga tahun 2042, dengan imbalan uang besar sekitar US$40 miliar untuk gas alam dari Rusia.

3. Senjata, gas, dan biji-bijian

VIVA Militer: Foto citra satelit jet tempur militer Rusia siaga di Krimea

Photo :
  • Maxar Technology

Di luar kepentingan strategis Krimea dan Ukraina, situasi di kawasan ini diperumit oleh kelimpahan dan kelangkaan sumber daya alam tertentu. Ukraina telah disebut sebagai "keranjang roti Rusia" selama berabad-abad, karena wilayah itu menghasilkan banyak biji-bijian yang dibutuhkan untuk memberi makan kerajaan tsar yang luas di negara itu. 

Bahkan saat ini, Ukraina adalah salah satu produsen jagung dan gandum terbesar di dunia, dan sebagian besar melewati pelabuhan Krimea. Lebih dari 50 persen ekonomi Krimea dikhususkan untuk industri produksi dan distribusi makanan, menurut angka pemerintah Ukraina.

Tetapi iklim semi-kering yang membuat Krimea menjadi tujuan wisata yang populer juga membuat semenanjung itu sangat bergantung pada Ukraina untuk air, serta sekitar 70 persen makanannya, menurut Slate.

Gambaran energi di Krimea dan Ukraina juga rumit: Krimea bergantung pada Ukraina untuk sebagian besar listriknya, dan Eropa bergantung pada Rusia untuk sekitar 25 persen gas alamnya, menurut CNN. Selain itu, gas alam yang dikirim Rusia ke Eropa sebagian besar melalui jalur pipa yang melintasi lanskap Ukraina.

Itulah sebabnya setiap ketidakstabilan di kawasan itu pasti akan mengirimkan gelombang kejutan melalui pasar energi internasional. Harga minyak mentah melonjak $2,33 per barel pada Senin 3 Maret 2022, sebagian besar karena kegelisahan atas agresi Rusia di Krimea, menurut Pers Associated.

4. Perang Krimea

Penampakan Semenanjung Krimea sebelah timur pada 2014

Photo :
  • AP Photo/Darko Vojinovic, File

Semenanjung itu, sepanjang sejarahnya yang panjang, telah diduduki oleh orang Yunani kuno, Romawi, Goth, Hun, Ottoman, Mongol, Venesia, dan Nazi Jerman. Dari tahun 1853 hingga 1856, Perang Krimea mengguncang wilayah tersebut, ketika Prancis, Inggris, dan Kekaisaran Ottoman melawan Rusia untuk menguasai Krimea dan Laut Hitam. 

Rusia akhirnya kalah dan menyerahkan klaimnya atas semenanjung itu, tetapi tidak sebelum kota-kota dan desa-desa Krimea dirusak. Terlepas dari kehancurannya, Perang Krimea patut dicatat untuk beberapa kemajuan. Florence Nightingale dan ahli bedah Rusia memperkenalkan metode perawatan modern dan perawatan medan perang yang masih digunakan sampai sekarang. 

Rusia segera menghapus sistem perbudakan abad pertengahan mereka di mana petani terikat untuk melayani pemilik tanah, bahkan sebagai tentara, dan penggunaan fotografi dan telegraf memberi perang ini kesan yang sangat modern.

5. Tatar Krimea memiliki pengaruh

Insiden penembakan terjadi di sebuah kampus di Krimea.

Photo :
  • Kerchinfo

Untuk membuktikan bahwa masa lalu tidak pernah benar-benar hilang, kamu tidak perlu melihat lebih jauh dari Krimea, rumah bagi kelompok etnis kuno yang dikenal sebagai Tatar, yang masih memiliki pengaruh besar.

Berpenduduk mayoritas Muslim, Tatar Krimea berperan penting dalam menjadikan semenanjung itu sebagai salah satu pusat budaya Islam. Mereka juga dikenal sebagai pedagang budak yang menyerbu tanah sejauh utara Polandia modern.

Tatar tidak berhasil dalam Perang Krimea atau dalam konflik selanjutnya, dan banyak yang melarikan diri dari wilayah tersebut. Pemimpin Soviet Joseph Stalin mungkin telah memberikan pukulan paling kejam kepada Tatar. Dengan mengirimkan makanan dari Krimea ke Rusia tengah pada 1920-an, Stalin membuat ratusan ribu orang Tatar kelaparan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya