4 Fakta Pembantaian Mahasiswa di Thailand Tahun 1976

Krisis Thailand
Krisis Thailand
Sumber :
  • VIVAnews/Dwifantya Aquina

VIVA – Para mahasiswa sejak lama menjadi tumpuan harapan rakyat di seluruh dunia. Keterlibatan mereka dalam isu-isu sosial dan politik kerap ditakuti pemerintah yang khawatir akan memicu unjuk rasa yang luas.

Mahasiswa tidak jarang dicurigai dan menghadapi tantangan di kampus-kampus mereka sendiri seperti yang dialami di kampus Thailand Tahun 1976. Peristiwa itu kini membayangi para mahasiswa Thailand di tengah-tengah demonstrasi reformasi yang merebak di negara itu.

Ternyata terdapat fakta-fakta yang mencengangkan mengenai pembantaian di peristiwa tersebut. VIVA melansir deretan fakta tersebut dari berbagai sumber sebagai berikut:

1. Awal Pemicu Pembantaian Mahasiswa

Aksi demonstrasi prodemokrasi di Thailand menantang monarki

Aksi demonstrasi prodemokrasi di Thailand menantang monarki

Photo :
  • Twitter

Demonstrasi mahasiswa di Bangkok pada 14 Oktober 1973 untuk mendongkel diktator Thailand Thanom Kittikachorn menginspirasi gerakan serupa pada pekan awal Oktober 1976. Demonstrasi dilakukan untuk menolak kembali Thanom ke Thailand pada 19 September 1976 usai mengasingkan diri di Singapura.

Thanom, sebenarnya kedua tokoh penting politik di Asia Tenggara tersebut memiliki beberapa persamaan seperti: latar belakang militer, sangat anti-komunisme dan dijatuhkan oleh mahasiswa.