Menit-menit Jelang Pertemuan Jokowi dan Zelensky di Istana Maryinsky

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana bertolak menuju Kiev menggunakan kereta api luar biasa, Selasa 28 Juni 2022.
Sumber :
  • BPMI Setpres/Laily Rachev.

VIVA – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi terus mematangkan persiapan menjelang pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky, Kiev, Ukraina, pada Rabu 29 Juni 2022.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

Dalam persiapan pertemuan kedua pemimpin negara itu, Menlu RI bertemu dengan Menlu Ukraina Dmytro Kuleba untuk membahas persiapan akhir pertemuan kedua pemimpin tersebut.

“Tadi pagi saya telah bertemu juga dengan Menteri Luar Negeri Ukraina dan kita membahas persiapan terakhir sebelum kedua Presiden melakukan pertemuan bilateral pada siang hari ini,” ujar Retno dalam keterangannya di Kiev, seperti dikutip dari Sekretaris Kabinet Republik Indonesia dalam situs web resminya.

Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan ibu negara Iriana Jokowi beserta rombongan terbatas tiba di Kiev, Ukraina, pada pukul 08.50 waktu setempat.

Sejam kemudian, Presiden Jokowi dan Iriana melakukan kunjungan di kota Irpin, sekitar 30 kilometer dari Kiev dan meninjau reruntuhan gedung-gedung yang terdampak perang.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

“Di dalam kunjungan ke Irpin, Bapak Presiden dan Ibu Negara didampingi atau diterima oleh Wali Kota Irpin dan dijelaskan mengenai kondisi Kota Irpin di mana sekitar lebih dari 70 persen bangunan yang ada terdampak karena perang. Namun demikian, 40 persen dari penduduk Irpin dikatakan sudah kembali ke Kota Irpin,” tutur Retno.

Dari Kota Irpin, Presiden Jokowi bersama ibu negara Iriana kemudian meninjau salah satu rumah sakit di sekitar Kiev. Dalam kesempatan tersebut, Iriana secara simbolis menyerahkan bantuan, baik dari pemerintah maupun dari masyarakat Indonesia, berupa obat-obatan yang diperlukan oleh rumah-rumah sakit yang ada di Ukraina.

VIVA Militer: Pasukan militer Amerika Serikat (AS) di Israel

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, pada Rabu, 24 April 2024, bersiap menandatangani paket bantuan yang telah lama tertunda, untuk mendukung perang Israel di Gaza.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024