Presiden Zelensky Unggah Pesan Menyentuh Usai Bertemu Jokowi

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bersalaman dengan Presiden Jokowi
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bersalaman dengan Presiden Jokowi
Sumber :
  • IG Ari Dwipayana

VIVA – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengunggah video pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak lama setelah pertemuan mereka berakhir pada Rabu, 29 Juni 2022. Melalui akun Instagram resminya @zelenskiy_official, Presiden Ukraina itu menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan itu.

"Kunjungan demi kunjungan para mitra kami tak pernah berhenti. Hari ini saya bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Kiev. Saya sangat bersyukur dalam masa yang amat sulit ini bagi negara kami, kami bisa mendapatkan dukungan dari rakyat dan negara Indonesia," dituliskan dalam caption di unggahan video tersebut.

Zelensky mengunggah saat Presiden Jokowi tiba di Istana Maryinsky, Kiev yang merupakan istana kepresidenan negara itu. Begitu Presiden Jokowi tiba dan turun dari mobil, Zelensky menyambut dan menghampirinya. Kedua pemimpin negara lalu tampak berjabat tangan dengan erat.

Presiden Jokowi duduk bersama dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky

Presiden Jokowi duduk bersama dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky

Photo :
  • Twitter @jokowi

Di unggahan lainnya, Zelensky juga menuliskan caption lebih panjang tentang kedatangan Jokowi ke negaranya.

"Dalam pertemuan kami membahas bagaimana mencabut blokade Rusia atas pelabuhan dan jalur ekspor Ukraina termasuk untuk produk pertanian. Pula prospek rekonstruksi pascaperang di Ukraina," dituliskannya.

Kedua pemimpin negara juga kata Zelensky sepakat dengan pembebasan visa untuk perjalanan ke masing-masing negara.