Presiden Jokowi-Iriana Tak Menginap di Ukraina, Bermalam di Kereta

Presiden Jokowi dan ibu negara Iriana naik kereta menuju Kiev, Ukraina
Presiden Jokowi dan ibu negara Iriana naik kereta menuju Kiev, Ukraina
Sumber :
  • YouTube Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) rampung mengunjungi Kiev,  Ukraina pada Rabu, 29 Juni 2022 malam waktu setempat. Tak menginap di Ukraina, Presiden Jokowi langsung kembali ke Polandia dengan menggunakan kereta luar biasa (KLB). 

Jokowi sebagaimana keterangan pers yang diterima, disebutkan sudah berada di Stasiun Central Kiev pada pukul 19.00 waktu setempat dan dijadwalkan tiba di Stasiun Prezemyl, Polandia esok harinya. Artinya Jokowi dan rombongan akan menghabiskan malam di Dalam kereta khusus tersebut.

Di Ukraina Jokowi tiba di Kiev pada Rabu pagi dan langsung mengunjungi Kota Irpin yang sempat digempur Rusia. Setelah itu Jokowi dan ibu negara Iriana mengunjungi rumah sakit di Kiev untuk memberikan bantuan obat-obatan. Setelah itu pada pukul 15.00 waktu setempat, Jokowi bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelensky.

Kemudian Jokowi disebutkan langsung menuju stasiun untuk kembali ke Polandia. Setibanya di Polandia nanti, Jokowi dijadwalkan akan menuju Bandara Internasional Rzeszov-Jasionka untuk bertolak ke Rusia.

Di Moskow, Presiden Jokowi dijadwalkan bakal bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Sebelumnya dalam konferensi pers melalui Zoom Meeting pada, Rabu 22 Juni 2022, Menlu Retno Marsudi menjelaskan bahwa Jokowi akan mengunjungi kedua negara yang berseteru setelah Presiden Jokowi melakukan perjalanan ke Jerman. Dari Jerman kemudian Jokowi akan ke Kiev dan Moskow.

"Kunjungan ke kedua negara ini merupakan kunjungan yang dilakukan dalam situasi yang tidak normal (perang di Ukraina)," ujar Retno.