Xi Jinping Tinggalkan Dataran China untuk Pertama Kali Sejak Pandemi

VIVA Militer: Presiden China, Xi Jinping
VIVA Militer: Presiden China, Xi Jinping
Sumber :
  • South China Morning Post (SCMP)

VIVA – Pemimpin China Xi Jinping telah meninggalkan daratan China untuk pertama kalinya sejak awal pandemi. Dia tiba di Hong Kong pada Kamis, 30 Juni 2022, menjelang peringatan 25 tahun penyerahan kota itu dari Inggris ke pemerintahan China.

Xi diperkirakan akan menghabiskan dua hari di pusat keuangan Hong Kong, dan menghadiri serangkaian acara resmi untuk menandai baik serah terima pada 1 Juli 2022, dan upacara pelantikan pemimpin kota Beijing berikutnya yang ditunjuk yakni John Lee, mantan perwira polisi dan kepala keamanan.

Kedatangan Xi bertepatan dengan prakiraan topan yang membawa angin kencang dan hujan, dan datang setelah berminggu-minggu ketidakpastian apakah ia akan mengambil risiko meninggalkan gelembung kasus nol-COVID-19 yang ketat di China, untuk melakukan perjalanan ke kota yang sekarang melaporkan lebih dari 1.000 kasus baru setiap hari.

Presiden China Xi Jinping (kiri) dan pemimpin Eksekutif Hong Kong Carrie Lam

Presiden China Xi Jinping (kiri) dan pemimpin Eksekutif Hong Kong Carrie Lam

Photo :
  • AP Photo/Kin Cheung, File

Di bawah kepemimpinan Xi, China menjadi terisolasi dari dunia dalam mengejar pendekatan tanpa toleransi terhadap virus dengan perbatasan internasional negara itu ditutup dan perjalanan dibatasi secara ketat.

Dalam hampir 900 hari sejak Xi terakhir kali meninggalkan daratan pada 17 Januari 2020, kegiatan diplomatiknya terbatas pada pertemuan puncak virtual dan konferensi video. Maka dari itu, perjalananya pada hari ini ke Hong Kong memberikan arti khusus.

Xi menegaskan kembali kebijakan tersebut pada Rabu 29 Juni 2022, selama kunjungan simbolis ke Wuhan, kota di China tengah tempat virus corona pertama kali muncul pada akhir 2019.