Presiden Jokowi Tiba di Moskow Rusia

Presiden Jokowi dan rombongan tiba di Moskow, Rusia
Presiden Jokowi dan rombongan tiba di Moskow, Rusia
Sumber :
  • Sekretariat Kabinet

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan ibu negara Iriana Jokowi tiba di Moskow, Rusia pada Kamis 30 Juni 2022. Pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang membawa Presiden dan rombongan mendarat di Bandara Vnukovo II sekitar pukul 11.00 waktu setempat.

Pada saat ketibaan, cuaca di Moskow dalam kondisi cerah. Setelah pintu pesawat terbuka, Presiden Jokowi dan Iriana turun disambut sejumlah pejabat Federasi Rusia.

Beberapa pejabat Rusia yang menyambut Jokowi antara lain Kepala Protokol Negara Federasi Rusia Igor Viktorovich Bogdashev dan Wakil Menteri Luar Negeri Federasi Rusia Mikhail Bogdanov. 

Selain itu tampak pula Duta Besar RI di Moskow Jose Antonio Morato Tavares dan istri dan Atase Pertahanan KBRI Moskow Kolonel Budi Susilo dan istri yang ikut menyambut kedatangan orang nomor 1 di Indonesia tersebut.

Dari bandara, Jokowi dan Iriana beserta rombongan akan menuju hotel tempat transit. Selanjutnya, mereka akan menuju Kremlin untuk bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin.

Sebelum bertemu Putin, terlebih dahulu Jokowi bertemu dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, pada Rabu, 29 Juni 2022. Pertemuan ini merupakan perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap kondisi di Ukraina.

Jokowi juga berupaya mendamaikan kedua negara yang tengah berperang, salah satunya yakni dengan menjadi jembatan antara Presiden Ukraina dan Presiden Rusia berunding. Terlihat dari langkah Jokowi yang menawarkan Zelensky untuk menyampaikan pesan kepada Putin.

"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," ujarnya.

Turut mendampingi Presiden dan Iriana dalam kunjungan kali ini yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Ketibaan Jokowi juga diunggah Staf Khusus Presiden RI Ari Dwipayana dalam Instagram.

"Presiden Jokowi dan ibu Iriana turun dari pesawat dan disambut oleh pejabat Federasi Rusia antara lain Kepala Protokol Negara Federasi Rusia Igor Viktrovich Bogdashev dan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Mikhail Bogdanov," tulis Instagram story Ari.

Selain itu, dalam foto yang diabadikan oleh Ari, terlihat Iriana Jokowi menerima bunga dari salah satu pejabat Rusia sebagai ungkapan selamat datang di tanah Rusia.

Sebelumnya Usai melakukan lawatannya di Ukraina, pada Rabu 29 Juni 2022, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan ibu negara Iriana Jokowi beserta rombongan terbatas kembali menuju Polandia.