Kepada Jokowi, Putin Sebut Barat Kacaukan Produksi Pertanian Dunia

Presiden Jokowi temui Presiden Putin.
Presiden Jokowi temui Presiden Putin.
Sumber :
  • ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev

VIVA – Kebijakan makroekonomi yang tidak bertanggung jawab dari beberapa negara dunia dinilai Presiden Rusia Vladimir Putin menjadi salah satu masalah dari ketidakseimbangan pasar pangan dunia saat ini.

Atas kondisi tersebut, menurut Putin, negara-negara Barat justru semakin mengacaukan produksi pertanian global dengan membatasi pasokan pupuk Rusia dan Belarusia.

"Negara-negara Barat makin mengacaukan produksi pertanian global dengan memberlakukan pembatasan pada pasokan pupuk Rusia dan Belarusia," kata Putin di hadapan Presiden Jokowi, di Kremlin, Moskow, Rusia, dikutip dari Antara Jumat 1 Juli 2022.

Baca juga: Di Hadapan Jokowi, Putin Beberkan Perkembangan Rinci Soal Ukraina

Putin mengungkapkan tak hanya pembatasan, negara-negara Barat juga menghambat ekspor biji-bijian Rusia ke pasar dunia, memperumit asuransi kapal, dan pembayaran bank berdasarkan kontrak perdagangan.

"Saya akan tekankan sekali lagi. Rusia telah dan tetap menjadi salah satu produsen dan eksportir makanan utama dunia," tegas Putin.

Dia menyebutkan Rusia memasok produk pertanian ke 161 negara. Tahun lalu, Rusia mengekspor lebih dari 43 juta ton biji-bijian, termasuk 33 juta ton gandum.