Begini Cara Arab Saudi Ukur Kepuasan Layanan Jemaah Haji

Ilustrasi jemaah haji 2022
Sumber :
  • VIVA

VIVA Nasional – Demi meningkatkan inisiatif kinerja, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah meluncurkan program kepuasaan jemaah atas penyediaan layanan selama musim haji tahun ini. 

Terpopuler: Ramalan Zodiak sampai Penjelasan Buya Yahya Soal Panggilan Pak Haji

Asisten Wakil Menteri Haji dan Umrah Hesham Saeed menandatangani perjanjian kerjasama dengan Penanggung Jawab Sekretaris Jenderal Dewan Koordinasi Dr. Abdullah Al-Muwaihi dalam rangka menciptakan program ini.

Dilansir VIVA dari Arab News, Al-Muwaihi mengutarakan skema pemantauan akan meliputi pengukuran kinerja kualitas layanan, kepuasan penerima manfaat, serta program tamu rahasia.

Belum Haji Bolehkah Dipanggil Pak Haji? Begini Buya Yahya Menjelaskan

Ilustrasi Jemaah Haji

Photo :
  • vstory

Sementara berdasarkan informasi dari Al-Awsat, tujuan utama dibentuknya program ini adalah untuk meningkatkan koordinasi antara Kementerian dan Dewan Koordinasi sehingga meningkatkan pengalaman jemaah serta meningkatkan persaingan antarperusahaan juga lembaga terkait. 

Tak Banyak Masalah, Kemenag Nilai Proses Persiapan Haji Berjalan Baik

Saeed menjelaskan, seorang tamu yang dipilih akan bertugas menjalani pengalaman haji penuh, mengunjungi tempat-tempat suci bersejarah, dan berziarah sampai kembali ke negara asal.

Ilustrasi ibadah haji atau umrah.

Photo :
  • U-Report

Tamu rahasia nantinya akan memberikan evaluasi sesuai dengan metodologi ilmiah yang telah dipelajari sebelumnya. 

Ia mengatakan, “tamu rahasia yang ditugaskan akan melakukan seluruh rangkaian, melihat poin-poin apa yang mereka lewati, dan akan memberikan evaluasi berdasarkan metodologi ilmiah yang sudah dipelajari sebelumnya mengenai kriteria pengukuran.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya