Putin Blak-blakan, Ini 5 Topik Pembahasan Jokowi dan Putin

Presiden Jokowi temui Presiden Putin.
Presiden Jokowi temui Presiden Putin.
Sumber :
  • ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev

VIVA Dunia – Pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Rusia Vladimir Putin rampung pada Kamis petang, 30 Juni 2022. Jokowi tiba di Moskow pada Kamis pagi, dan beberapa jam kemudian dia mengunjungi Kremlin dan diterima oleh Vladimir Putin.

Seperti diketahui, misi Presiden Jokowi menemui Presiden Putin di Moskow adalah mendorong perdamaian antara Rusia dengan Ukraina yang kini tengah berperang. Pertemuan dengan Putin dilakukan setelah sebelumnya Jokowi menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Kyiv, Ukraina

Sontak, pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Vladimir Putin menuai banyak sorotan dari berbagai negara mengenai pembahasan yang mereka bicarakan  di Istana Kremlin siang hari waktu setempat.

Nah, pada artikel ini VIVA telah merangkum mengenai topik pembahasan Jokowi dengan Putin, Melansir beberapa sumber, berikut 5 topik pembahasan tersebut:

1. Misi perdamaian

Jokowi menyatakan bahwa perdamaian menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia. Oleh sebab itu dia datang berkunjung ke Kiev dan Moskow meskipun situasi sedang sulit.

"Saya sampaikan walaupun situasi saat ini masih sangat sulit namun saya tetap menyampaikan bahwa penyelesaian damai untuk terus dikedepankan dan ruang dialog dibuka. Saya sudah menyampaikan pesan Presiden Zelensky kepada Presiden Putin," kata Jokowi dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Jumat 1 Juli 2022.