Lebih Parah dari Indonesia, Ini 5 Daerah Kumuh Terburuk di Dunia

Kondisi pemukiman padat penduduk di Jakarta
Kondisi pemukiman padat penduduk di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA Dunia - Daerah Kumuh Terburuk di Dunia. Dalam sebuah laporan, menurut Merriam-Webster pengertian perkampungan kumuh merupakan daerah perkotaan yang padat penduduk biasanya ditandai dengan perumahan kumuh yang kotor, kemiskinan dan penurunan tingkat kesejahteraan sosial.

Daerah kumuh terburuk di dunia memiliki kombinasi yang tidak memadai, akses terbatas seperti kesehatan, sanitasi atau fasilitas tempat pembuangan kotoran, air bersih serta pendidikan yang layak.

Ketika populasi terus bertambah, begitu juga dengan pemukiman yang semakin bertambah. Faktanya daerah kumuh terbesar di dunia jika digabungkan lebih besar dari beberapa negara. Itu mungkin cara alam untuk menjaga kemanusian untuk rendah hati. Ketika seseorang melihat melihat kondisi yang menyedihkan di daerah kumuh, itu akan menjadi pengingat manusia agar lebih banyak bersyukur.

Berikut beberapa daerah kumuh terburuk di dunia, seperti dikutip dari Naijaquest.com, sebagai berikut:

1. Kota Orangi, Karachi, Pakistan

Karachi, Pakistan

Karachi, Pakistan

Photo :
  • BusinessInsider

Kota Orangi, Pakistan diperkiran memiliki populasi sekitar 2,4 juta jiwa. Pada tahun 1965, Masalah utama di Kota Orangi adalah kurangnya sanitasi atau fasilitas tempat pembuangan kotoran. Namun setelah menunggu campur tangan pemerintah, sebagian besar warga sudah mulai membangun WC sendiri dan sekarang diperkirakan 96 persen rumah tangga memiliki jamban.