Masjid di Jerman Bentangkan Bendera LGBT pada Jam Salat Jumat

Masjid Ibn-Rushd-Goethe di Berlin, Jerman yang memasang bendera LGBT
Masjid Ibn-Rushd-Goethe di Berlin, Jerman yang memasang bendera LGBT
Sumber :
  • AP Photo/Michael Sohn

VIVA – Masjid Ibn Rusyd-Goethe di lingkungan Moabit tengah di Berlin, Jerman membentangkan bendera pelangi yang biasa digunakan sebagai simbol LGBTQ menjelang waktu salat Jumat, 1 Juli 2022 di depan kerumunan termasuk di depan senator budaya Berlin Klaus Lederer.

Melansir dari The Local, Sabtu 2 Juli 2022, banyak dari mereka yang hadir mengenakan stiker pelangi bertuliskan “Cinta itu Halal".

Masjid yang didirikan sejak lima tahun lalu adalah satu-satunya masjid liberal di Jerman dan memungkinkan pria dan wanita untuk berdoa bersama serta terbuka untuk jemaah LGBT.

Mo El-Ketab salah satu dari enam imam di masjid tersebut mengatakan bahwa dia ingin masjid itu menyediakan tempat yang aman bagi orang-orang yang berbeda sehingga mereka juga dapat mengalami sisi spiritual dari kehidupan mereka.

“Saya berharap banyak masjid lain juga akan mengibarkan bendera dengan cara ini atau memberikan tanda-tanda positif lainnya bagi komunitas LGBT,” kata El-Ketab.

Dua acara besar untuk mendukung komunitas LGBT akan berlangsung di Berlin pada bulan ini yakni Festival Lesbian dan Gay pada 16 dan 17 Juli 2022, dan Christopher Street Day (CSD) pada 23 Juli 2022.

Marc-Eric Lehmann selaku anggota dewan CSD mengatakan bahwa mengibarkan bendera LGBTQ dianggap sebagai tanda yang sangat kuat dan sangat penting untuk menemukan tempat bagi agama di komunitas LGBT.