Pesan Anies Baswedan untuk Perhelatan KTT Y20 di Jakarta-Bandung

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat melepas mudik gratis
Sumber :
  • Antara

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat berbicara di acara Virtual Press Conference KTT Y20 Indonesia 2022 pada Sabtu 2 Juli 2022 menyampaikan apresiasi sekaligus dukungan terhadap kegiatan KTT Y20 sebagai rangkaian Presidensi G20 Indonesia.

Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran di KPU, Anies Ungkit Pilpres 2024 Banyak Catatan

“Kami sampaikan dukungan penuh Pemprov DKI dan apresiasi untuk teman-teman yang secara all out mempersiapkan kegiatan Y20 sejak tahun lalu,” ujar Gubernur Anies mengawali sambutannya melalui Zoom Meeting.

Lebih lanjut, Anies juga berharap bahwa nantinya para delegasi KTT Y20 mampu menghasilkan komunikasi yang bermuatan isu-isu anak muda untuk dibawa ke Presidensi G20. Terlebih, anak muda merupakan pemilik masa depan dari dunia.

Prabowo Berkelakar Singgung Senyuman Berat, Anies: Kan Beliau yang Alami, Kita Biasa Aja

"Ujung pertemuan ini adalah komunikasi Y20, suatu rekomendasi kebijakan berdasarkan hasil riset dan survei global untuk nantinya diberikan kepada para pemimpin negara G20. Pandangan anak muda harus diakomodir oleh G20, karena para pemuda ini adalah penentu masa depan dan apa yang mereka katakan perlu didengar oleh para pemimpin G20,” ungkapnya.

Adapun isu prioritas yang akan didiskusikan pada KTT Y20 Indonesia 2022 yakni ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, planet yang berkelanjutan dan layak huni, keberagaman dan inklusi,

Momen Prabowo-Gibran Salami Anies-Cak Imin Usai Resmi jadi Presiden dan Wapres Terpilih

Kemudian Gubernur Anies juga mengatakan pasti membuka pintu-pintu kolaborasi atas rekomendasi dari Y20 di Jakarta.

"Kami di Jakarta akan mendukung, terlebih pendekatan kami dari awal adalah kolaborasi. Jadi, kami terbuka untuk teman-teman, dan kami akan mendukung, memfasilitasi, sehingga para delegasi merasakan bagaimana kota ini memiliki persatuan dalam keberagamanan baik sosiologis maupun ekonomi,” tambahnya.

Kegiatan KTT Y20 ini juga dinilainya sebagai wujud dari Jakarta sebagai Kota Global yang siap menghasilkan berbagai keputusan global.

“Jakarta ini merupakan kota global yang warganya terlibat dalam pengambilan keputusan yang bersifat global dan Y20 termasuk juga ke dalamnya,” kata mantan Mendikbud itu.

Jakarta dan Bandung terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan KTT Y20 yang merupakan engagement group dari Presidensi G20. Indonesia melalui Presidensi G20 akan mendorong pembangunan berkelanjutan bagi negara-negara berkembang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya