Aturan Baru, Warga Rusia Masuk Ukraina harus Pakai Visa

Tugu peringatan PD II di Sievierodonetsk wilayah Luhansk, Ukraina bagian timur
Sumber :
  • AP Photo/Vadim Ghirda

VIVA Dunia – Sistem visa yang baru diberlakukan untuk warga Rusia yang ingin memasuki wilayah Ukraina dan mulai berlaku pada 1 Juli 2022.

Rusia Kirim Kapal Perang Rudal Supersonik untuk Lindungi Iran dari Serangan Musuh

Melansir dari Kyiv Post, Senin 4 Juli 2022, sistem visa baru bagi orang Rusia diumumkan oleh Kepala Layanan Perbatasan Negara Ukraina Serhiy Deyneko.

Dia menulis dalam laman akun Facebook miliknya pada 1 Juli 2022 dan menyatakan bahwa keputusan pemerintah Ukraina untuk membatalkan kunjungan bebas visa untuk Rusia mulai berlaku pada 1 Juli 2022.

Banjir Melanda Rusia, Lebih dari Sekitar 15.000 Rumah Terendam

"Perjalanan bebas visa adalah hak istimewa bagi warga negara demokrasi maju yang tidak membunuh warga sipil atau membahayakan kedaulatan negara tetangga," ujarnya.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pada pertengahan Juni 2022, bahwa langkah untuk memperkenalkan visa untuk orang Rusia dilakukan sebagai upaya untuk melawan ancaman yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ancaman itu tak lain terhadap keamanan nasional Ukraina.

Rusia Bela Serangan Iran ke Israel: Mereka Berhak Membela Diri

Kementerian Luar Negeri Ukraina baru-baru ini juga mengumumkan bahwa orang Rusia dapat mengajukan permohonan visa di delapan kota di seluruh Rusia.

Delapan kota yang dimaksud adalag Moskow, St Petersburg, Yekaterinburg, Kaliningrad, Kazan, Novosibirsk, Rostov-on-Don, dan Samara — di kantor VFS Global sebuah visa perusahaan outsourcing.

Aplikasi kemudian akan diproses oleh misi diplomatik Ukraina di negara lain karena Ukraina memutuskan hubungan diplomatik tak lama setelah Rusia meluncurkan invasi tanpa alasan ke Ukraina pada 24 Februari 2022.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya