Dahsyatnya Gletser Runtuh di Pegunungan Alpen Tewaskan 6 Orang

Longser es pegunungan Alpen Italia pada tahun 2006
Sumber :
  • AP Photo/Paolo Giovannini

VIVA Dunia – Longsor gletser lapisan es dahsyat terjadi di Pegunungan Alpen Italia, dalam insiden tersebut sedikitnya ada enam orang tewas dan delapan lainnya luka-luka, kata afiliasi CNN Skytg24, pada Senin, 4 Juli 2022.

Vespa 140th of Piaggio: Edisi Terbatas Merayakan 140 Tahun

Selain itu, setidaknya selusin orang masih hilang setelah runtuhnya Marmolada, gunung tertinggi di Dolomites.

Layanan penyelamatan Alpine mengatakan melalui akun Twitter bahwa segmen es penting atau yang juga dikenal sebagai serac, telah runtuh di gletser Marmolada sepanjang pendakian ke puncak.

Longsor Tewaskan 20 Orang, Pemerintah Tetapkan Tana Toraja Status Tanggap Darurat 

Dikatakan juga bahwa semua stasiun penyelamatan Alpine di daerah itu telah diaktifkan, termasuk unit anjing dan setidaknya lima helikopter.

Melansir dari CNN Amerika, Senin 4 Juli 2022, seorang staf di Castiglioni Marmolada Refuge, sebuah penginapan lokal, menyaksikan runtuhnya serac.

Korban Meninggal akibat Longsor Tana Toraja Capai 18 Orang

"saya mendengar suara keras, seperti suara khas tanah longsor, kemudian kami melihat semacam longsoran salju yang terdiri dari salju dan es dan di sana saya menyadari bahwa sesuatu yang serius telah terjadi," kata staf tersebut.

Runtuhnya es tersebut juga terjadi di tengah rekor suhu lokal, yang mencapai sekitar 10 derajat Celcius (50 derajat Fahrenheit) di puncak gunung.

Banyak bagian Eropa Barat, termasuk Italia, telah mengalami gelombang panas yang panjang dalam sebulan terakhir ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya