9 Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Dunia, No 8 Ada di Indonesia

Lengkungan bumi dilihat dari atas menara Burj Khalifa.
Lengkungan bumi dilihat dari atas menara Burj Khalifa.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Dunia – Gedung pencakar langit nan megah tentu dengan mudah mencuri perhatian siapapun yang melihatnya, maka tidak heran setiap negara di dunia berlomba-lomba memperbanyak gedung pencakar langit sekaligus menjadikannya sebagai identitas negara itu sendiri.

Selain itu, ketinggian dari superstruktur ini seringkali membuat kita merasa pusing daripada kagum, dengan para insinyur yang setiap tahunnya berlomba saling mengalahkan dengan membangun gedung setinggi mungkin, tampaknya langit pun bukan lagi batasan.

Nah, pada artikel kali ini VIVA telah rangkum deretan gedung tertinggi di dunia yang menjadikannya landmark atau identitas dari negara tersebut. Dikutip dari beberapa sumber, berikut ulasannya:

9 Gedung tertinggi di dunia

1. Burj Khalifa

Jika diartikan dalam Bahasa Indonesia adalah Menara Khalifah. Gedung pencakar langit ini adalah bangunan tertinggi yang yang pernah dibangun manusia saat ini, berlokasi di Dubai, Uni Emirat Arab.

Mengutip WSJ Ketinggian Burj Khalifah jika dihitung dari permukaan tanah hingga puncak tertingginya mencapai 828 meter atau 2.717 kali. Tentu saja rekor ini berhasil mengalahkan rekor Taipei 101 sebagai bangunan tertinggi di dunia pada 2007 silam.