Jokowi Jelas Sebut soal Sampaikan Pesan, Mengapa Ukraina Tak Sreg

Presiden Jokowi duduk bersama dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky
Presiden Jokowi duduk bersama dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky
Sumber :
  • Twitter @jokowi

VIVA Dunia – Duta Besar (Dubes) Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin menegaskan bahwa pihak kepresidenan Ukraina tidak pernah menitipkan pesan untuk Presiden Rusia Vladimir Putin melalui Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia mengatakan bahwa pesan yang dimaksud dimungkinkan adalah hasil dari komunikasi yang dilakukan oleh kedua kepala negara.

Dubes Ukraina menjelaskan bahwa Presiden Zelensky tidak pernah menulis surat disecarik kertas ataupun berbicara secara verbal untuk menyampaikan pesan dirinya kepada presiden Putin. Vasyl menambahkan bahwa pesan yang dimaksud bukanlah pesan khusus melainkan hasil diskusi dari komunikasi antara presiden Ukraina dan presiden Indonesia.

Lebih lanjut dia juga mengatakan bahwa hal ini merupakan kesalahan pada media yang keliru dalam menginterpretasikan maksud dari ungkapan Presiden Indonesia.

“Tidak ada pesan tertulis, atau sesuatu yang diucapkan seperti dibentuk secara verbal dan menyampaikannya ke pihak lain. Setelah saya melakukan pembicaraan, ternyata antara presiden (Ukraina-Indonesia), mereka hanya bertukar pandangan, dan kedua belah pihak saling memahami, lalu pesan itu diterima oleh Presiden Indonesia mengenai posisi Ukraina dalam konflik dengan Rusia” tutur Dubes Ukraina itu saat konferensi pers melalui Zoom Meeting, Selasa 5 Juli 2022.

“Jadi tidak ada pesan di dalam tulisan dan tidak ada pesan langsung seperti yang dikatakan atau dipahami oleh situs (media) Indonesia,” sambungnya.

Padahal dalam dua kali pernyataan bersama dengan masing-masing kepala negara tersebut, Presiden Jokowi jelas menyebut dengan eksplisit soal akan menyampaikan pesan usai pertemuan dengan Presiden Ukraina dan sudah menyampaikan pesan usai pertemuan dengan Presiden Rusia.

Yang pertama disampaikan Jokowi dalam poin ketiga dalam pernyataan bersama dengan Presiden Zelensky. Dia bertemu Presiden Volodymyr Zelensky lebih awal sebelum bertolak ke Moskow, Rusia. Di bawah ini adalah kutipan lengkapnya.