Kolaborasi Negara-negara G20 dalam Penanganan Krisis Pangan Global

Presiden Joko Widodo berfoto bersama dengan para pemimpin negara G20.
Presiden Joko Widodo berfoto bersama dengan para pemimpin negara G20.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Dunia – Akhir Juni 2022, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi beberapa negara di Eropa dan Uni Emirat Arab untuk bertemu dengan para pemimpin anggota G7 dan G20, termasuk negara-negara yang dilanda konflik, yaitu Rusia dan Ukraina.

Kunjungan kerja Jokowi untuk menghadiri KTT G7 di Jerman juga dibarengi dengan pertemuan bilateral dengan beberapa pemimpin negara untuk membahas berbagai topik..

Jokowi menekankan kepada negara-negara G7 dan G20 untuk menyerukan upaya bersama dalam mengatasi krisis pangan yang saat ini, masalah ini mengancam masyarakat di negara berkembang untuk jatuh ke dalam keadaan kelaparan dan kemiskinan ekstrem.

Dalam perjalanan kerja tersebut, Jokowi melakukan kunjungan ke Ukraina untuk bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelenskyy dan juga mengunjungi Rusia untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin.

Presiden Jokowi temui Presiden Putin.

Presiden Jokowi temui Presiden Putin.

Photo :
  • ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev

Tujuan kunjungan Jokowi ke dua negara yang sedang bertikai itu adalah untuk menyarankan perdamaian dan juga membantu memastikan masuknya kembali secara aktif rantai pasokan pangan, pupuk, dan energi ke pasar global karena kedua negara memiliki pengaruh penting pada rantai pasokan dunia.

Untuk itu, Indonesia memainkan peran penting sejak negara itu memegang Kepresidenan G20 sejak bulan desember tahun 2021.