Ini Daftar Penembakan Massal Mengerikan di Amerika

Penggeledahan di Highland Park, Ill, Chicago usai penembakan di parade 4 Juli
Sumber :
  • AP Photo/Nam Y. Huh

VIVA Dunia – Enam orang tewas dan puluhan orang terluka ketika seorang pria dengan senapan bertenaga tinggi melepaskan tembakan dari atap pada parade Fourth of July di Highland Park pinggiran Chicago pada hari Senin 4 Juli 2022. Kejadian itu mengubah tampilan sipil patriotisme menjadi sebuah adegan dari kekacauan panik.

Serangan Balasan Iran ke Israel Bisa Picu Perang Dunia III, Begini Penjelasannya

Penembakan di Highland Park itu terjadi tak lama setelah kekerasan terbaru dengan senjata api yang melanda Amerika. Melansir dari Indian Express, berikut daftar penembakan massal mengerikan yang baru-baru ini terjadi.

  1. UVALDE, 25 Mei 2022 – Seorang pria bersenjata melepaskan tembakan ke sebuah sekolah dasar di kota Texas Selatan, menewaskan 19 siswa dan dua guru. Polisi dari beberapa lembaga yang berkumpul di luar kelas menunggu lebih dari satu jam sebelum tim Patroli Perbatasan AS memasuki ruang kelas dan menembak mati tersangka.
  2. LAGUNA WOODS, 15 Mei – Seorang pria bersenjata membunuh seorang dokter dan melukai lima orang lainnya di sebuah perjamuan gereja Taiwan-Amerika di California dalam apa yang disebut para pejabat sebagai serangan yang direncanakan secara metodis karena si penembak marah atas ketegangan China-Taiwan.
  3. BUFFALO, 14 Mei 2022 – Seorang pria bersenjata kulit putih membunuh 10 orang kulit hitam di dalam supermarket dalam serangan bermotif rasial. Dia didakwa dan tetap di penjara tanpa jaminan.
  4. NEW YORK CITY, 12 April 2022 – Dalam salah satu serangan paling kejam dalam sejarah sistem transit New York, 23 orang terluka ketika seorang pria berusia 62 tahun mengaktifkan bom asap dan melepaskan tembakan di kereta bawah tanah. Dia ditahan pada hari berikutnya.
  5. OXFORD, 30 November 2021 – Empat siswa tewas dan tujuh orang lainnya terluka setelah seorang remaja melepaskan tembakan ke sebuah sekolah menengah di Oxford, Michigan.
  6. INDIANAPOLIS, 16 April 2021 – Seorang mantan karyawan FedEx yang berada di bawah perawatan psikiatris menembak delapan orang hingga tewas dan melukai beberapa orang lainnya di fasilitas perusahaan pelayaran Indiana sebelum mengambil nyawanya sendiri.
  7. LOS ANGELES, 31 Maret 2021 – Empat orang tewas, salah satunya anak-anak, dalam penembakan di sebuah gedung perkantoran di pinggiran kota Los Angeles sebelum tersangka ditahan.
  8. BOULDER, 22 Maret 2021 – Penembakan massal di sebuah supermarket di Boulder, Colorado menewaskan 10 orang, termasuk seorang petugas polisi.
  9. ATLANTA, 16 Maret 2021 – Delapan orang, termasuk enam wanita keturunan Asia, ditembak mati dalam serangkaian serangan di day spa di dan sekitar Atlanta. Seorang tersangka pria ditangkap.
  10. MILWAUKEE, 26 Februari 2020 – Seorang pria bersenjata melepaskan tembakan ke kompleks pembuatan bir Molson Coors Beverage Co di Milwaukee, menewaskan lima rekan kerja sebelum dia bunuh diri.
  11. DAYTON, 4 Agustus 2019 – Seorang pria bersenjata yang mengenakan pelindung tubuh melepaskan tembakan di pusat kota Dayton, Ohio, menewaskan sembilan orang termasuk saudara perempuannya. Polisi membunuh penembak.
  12. EL PASO, 3 Agustus 2019 – Seorang pria menembak mati 22 orang di toko Walmart di El Paso, Texas. Sebuah pernyataan, yang diyakini ditulis oleh tersangka, menyebut serangan itu sebagai "tanggapan terhadap invasi Hispanik ke Texas." Pihak berwenang menangkap penembak.
  13. PANTAI VIRGINIA, 31 Mei 2019 – Seorang karyawan utilitas publik yang tidak puas melepaskan tembakan ke rekan kerja di sebuah gedung kota di Virginia, menewaskan 12 orang sebelum dia ditembak mati oleh polisi.
  14. AURORA, 15 Februari 2019 – Seorang pria melepaskan tembakan ke sebuah pabrik di Illinois setelah dipecat, menewaskan lima pekerja sebelum dia dibunuh oleh polisi.
  15. THOUSAND OAKS, 7 November 2018 – Seorang mantan veteran tempur Marinir membunuh 12 orang di sebuah bar di Thousand Oaks, California, pinggiran kota Los Angeles. Dia kemudian bunuh diri.
  16. PITTSBURGH, 27 Oktober 2018 – Seorang pria bersenjata menyerbu ke sinagoga Tree of Life dekat Pittsburgh dan menembaki jemaat yang berkumpul untuk kebaktian Sabat, menewaskan 11 orang.
  17. SANTA FE, 18 Mei 2018 – Seorang siswa berusia 17 tahun melepaskan tembakan ke sekolah menengahnya di luar Houston, Texas, menewaskan sembilan siswa dan seorang guru, sebelum menyerah kepada petugas.
  18. PARKLAND, 14 Februari 2018 – Seorang mantan siswa di SMA Marjory Stoneman Douglas di Parkland, Florida, membunuh 17 siswa dan pendidik.
  19. STHERLAND SPRINGS, 5 November 2017 – Seorang pria dikeluarkan dari Angkatan Udara AS karena memukuli istri dan anaknya menembak 26 orang hingga tewas di sebuah gereja pedesaan Texas tempat mertuanya beribadah sebelum bunuh diri.
  20. LAS VEGAS, 1 Oktober 2017 – Seorang pria bersenjata melepaskan tembakan ke festival musik country dari kamar hotel lantai 32, menewaskan 58 orang sebelum mengambil nyawanya sendiri.
  21. ORLANDO, 12 Juni 2016 – Seorang pria bersenjata menembak mati 49 orang di Pulse, sebuah klub malam gay, sebelum dia ditembak mati oleh polisi.
  22. SAN BERNARDINO, 2 Desember 2015 – Sepasang suami istri membunuh 14 orang di pesta liburan tempat kerja di San Bernardino di California Selatan sebelum tewas dalam baku tembak dengan polisi.
  23. ROSEBURG, 1 Okt 2015 – Seorang pria bersenjata mengintai ke kampus perguruan tinggi Oregon dan melepaskan tembakan, menewaskan sembilan orang sebelum polisi menembaknya sampai mati.
  24. CHARLESTON, 17 Juni 2015 – Seorang supremasi kulit putih membunuh sembilan orang kulit hitam yang pergi ke gereja di sebuah gereja di Charleston, Carolina Selatan. Dia dijatuhi hukuman mati.
  25. WASHINGTON, 16 September 2013 – Seorang mantan tentara cadangan Angkatan Laut yang bekerja sebagai kontraktor pemerintah membunuh 12 orang di Washington Navy Yard. Dia ditembak mati oleh polisi.
  26. NEWTOWN, 14 Desember 2012 – Seorang pria bersenjata berat menewaskan 26 orang, termasuk 20 anak-anak berusia lima hingga 10 tahun, dalam amukan di Sekolah Dasar Sandy Hook di Connecticut.
  27. AURORA, 20 Juli 2012 – Seorang pria bersenjata bertopeng membunuh 12 orang di sebuah bioskop di Aurora, Colorado. Dia menerima beberapa hukuman seumur hidup.
  28. FORT HOOD, 5 November 2009 – Seorang mayor tentara dan psikiater melepaskan tembakan ke Fort Hood, sebuah pangkalan Angkatan Darat AS di Texas, menewaskan 13 orang.
Gaya Nyentrik SZA Saat Lebaran,Bikin Heboh Netizen Indonesia: Lah dia Islam?
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden

Makin Memanas, Presiden Joe Biden Didesak Larang Mobil Listrik China Masuk Amerika

Presiden Amerika Serikat Joe Biden, didesak membuat kebijakan untuk melarang impor mobil listrik China untuk masuk ke pasar Amerika.  Mobil-mobil buatan China ancaman.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024