Daftar Kasus Penembakan Maut di AS, Korban Jiwa Banyak

Petugas bekerja di lokasi penembakan di Klinik Warren di Tulsa, Oklahoma, Amerika Serikat, 1 Juni 2022.
Petugas bekerja di lokasi penembakan di Klinik Warren di Tulsa, Oklahoma, Amerika Serikat, 1 Juni 2022.
Sumber :
  • ANTARA/Reuters/Michael Noble Jr

VIVA Dunia – Enam orang tewas dan sedikitnya 36 lainnya terluka ketika seorang pria dengan senapan kekuatan tinggi melancarkan tembakan dari atap gedung ketika parade perayaan Hari Kemerdekaan 4 Juli berlangsung di daerah Highland Park, Chicago, Senin (4/7).

Insiden itu mengubah parade sipil yang menggambarkan semangat patriotisme berubah menjadi kekacauan dan kepanikan.

Berikut ini daftar kasus penembakan massal terkini yang mengejutkan banyak kalangan:

- UVALDE, 25 Mei 2022
Seorang pria bersenjata melancarkan tembakan di sebuah sekolah dasar di Uvalde, kota di wilayah South Texas, hingga menewaskan 19 murid dan dua guru. Para polisi yang berkumpul di luar ruang kelas menunggu lebih dari satu jam sebelum satu tim dari Patroli Perbatasan AS memasuki kelas tersebut dan menembak mati tersangka pelaku.

- LAGUNA WOODS, 15 Mei 2022
Seorang pria bersenjata membunuh seorang dokter dan melukai lima orang di sebuah perjamuan gereja Taiwan-Amerika di California. Para pejabat menyebut serangan itu sudah direncanakan dengan matang karena sang penembak marah atas ketegangan China-Taiwan.

- BUFFALO, 14 Mei 2022
Seorang pria kulit putih bersenjata membunuh 10 warga kulit hitam di sebuah toko serba ada dalam serangan yang bermotif rasialisme. Penembak tersebut didakwa dan ditahan di penjara tanpa diberi peluang untuk dibebaskan sementara dengan jaminan.

- NEW YORK CITY, 12 April 2022
Sebanyak 23 orang terluka ketika seorang pria lansia berusia 62 tahun mengaktifkan sebuah bom asap dan melancarkan tembakan di kereta bawah tanah. Pelaku serangan ditangkap keesokan harinya. Serangan itu merupakan yang paling brutal terjadi dalam sejarah sistem transportasi New York.