7 Menlu Perempuan Dunia Berkiprah Hebat, Ada Retno Marsudi

Menlu RI Retno Marsudi saat di Markas Besar PBB di New York beberapa waktu silam. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • Kemlu RI

VIVA Dunia – Sosok menteri luar negeri (menlu) perempuan dari berbagai negara yang tengah berkiprah layak menjadi sorotan. Sosok perempuan yang menangani masalah luar negeri menjadi penting lantaran situasi dunia dan geopolitik internasional yang kian dinamis. Tantangannya pun semakin kompleks.

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

Terdapat sejumlah sosok menlu perempuan saat ini, srikandi politik luar negeri yang dipercayakan oleh beberapa negara di dunia. Setidaknya ada 7 orang yang menonjol dan cukup diberitakan kiprah mereka.

1. Menlu Indonesia Retno Marsudi

Pemilu di AS dan Eropa Diprediksi akan Pengaruhi Iklim Investasi Indonesia

Menlu Retno Marsudi saat berada di Kuala Lumpur

Photo :
  • AP Photo/Vincent Thian

Sosok Retno Marsudi menjadi salah satu faktor kian mulusnya kiprah pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di politik internasional. Apalagi pada tahun 2022, Indonesia didapuk sebagai presidensi G-20. Pun pada tahun ini, Jokowi mengunjungi Ukraina dan Rusia, dua negara yang sedang berperang. Presiden datang membawa misi perdamaian. Sosok Retno menjadi kunci yang memuluskan diplomasi dan mendampingi Presiden Jokowi.

Pertama Kali, Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Pengebom Rusia

2. Menlu Kanada Melanie Joly

Menlu Kanada Melanie Joly saat berada di Washington DC

Photo :
  • Olivier Douliery/Pool via AP

Menlu Kanada Melanie Joy juga politikus yang amat dikenal di negerinya. Sebelum menjadi Menlu Joly juga sempat didapuk memegang jabatan Menteri Ekonomi dan Pembangunan. Sikap Kanada yang membela Ukraina dan mengecam Rusia disuarakan Joly, termasuk saat dia mengkonfirmasi akan hadir di MMF G20 Bal. Di sana Joly mengatakan akan membongkar kebohongan Rusia.

3. Menlu Jerman Annalena Baerbock

Menlu Jerman Annalena Baerbock

Photo :
  • AP Photo/Sergei Grits

Panasnya hubungan Uni Eropa dan Rusia serta sengkarut politik hingga sanksi ekonomi juga harus membuat Menlu Jerman Annalena Baerbock cukup sibuk dalam beberapa waktu belakangan. Politikus yang juga merupakan Ketua Partai Hijau ini harus makin mengintensifkan komunikasi dengan negara-negara sekutunya. Apalagi Jerman merupakan salah satu negara motor di Uni Eropa.

4. Menlu Australia Penny Wong

Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong

Photo :
  • Kemlu Malaysia/Huzaini Mat Hussin/HO via Reuters/a

Makin intensnya politik luar negeri Indo-Pasifik dan kerja sama Australia dengan Amerika Serikat (AS) membuat tugas Penny Wong semakin dinamis. Perempuan berdarah Australia-Tionghoa kelahiran Malaysia ini dipercaya PM Australia menjabat posisi yang strategis itu karena dipercaya kemampuannya termasuk dalam menjalin hubungan dengan Indonesia, negara wilayah besar yang masih satu kawasan wilayah Asia dengan Australia.

5. Menlu Inggris Elizabeth Truss

Menlu Inggris Elizabet Truss atau Liz Truss

Photo :
  • AP Photo/Alastair Grant

Elizabeth Truss atau Liz Truss salah satu perempuan yang dipercaya menjadi Menlu. Dia diangkat menjadi Menlu pada September 2021 setelah sebelumnya berpengalaman membidangi perdagangan internasional Britania Raya. Keluarnya Inggris dari Uni Eropa alias Brexit dan hubungan panas dingin negara-negara Eropa dengan Rusia menjadi tantangan diplomasi yang juga harus bisa ditangani oleh Liz Truss.

6. Menlu Selandia Baru Nanaia Mahuta

Menlu Selandia Baru Nanaia Mahuta

Photo :
  • Mark Mitchell/Pool Photo via AP

Menlu Nanaia Mahuta dipercaya menjadi Menlu Selandia Baru. Dia mengawali kariernya menjadi politikus dan anggota parlemen untuk daerah Hauraki-Waikato. Dengan tato khas etnis di dagu, Mahuta senantiasa tampil berkarakter dengan akar budaya Maori, penduduk asli Selandia Baru tersebut. Lahir tahun 1970, Mahuta bergabung dengan Partai Buruh Selandia Baru dengan pengalaman politik 20 tahun.

7. Menlu Swedia Ann Linde

Menlu Swedia Ann Linde

Photo :
  • AP Photo/Pavel Golovkin

Ann Linde juga sosok Menlu Swedia yang mau tak mau harus sibuk karena melamarnya negara itu ke NATO. Apalagi hal itu dilakukan pada saat NATO dan Rusia tengah bersitegang lantaran invasi Rusia ke Ukraina. Ann Linde merupakan politikus Sosial Demokrat yang menjadi Menlu sejak tahun 2019. Dia sebelumnya menjabat sebagai Menteri Perdagangan dan Urusan wilayah Nordik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya