Khutbah Arafah Diterjemahkan dalam 10 Bahasa Populer

Jemaah haji melaksanakan wukuf di Masjid Namirah Arafah
Sumber :
  • Twitter @hsharifain

VIVA Dunia – Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci (Masjidil Haram dan Masjid Nabawi) akan menyiarkan khutbah Arafah dalam 10 bahasa internasional paling populer. Khutbah ini diharapkan dapat tersampaikan dan dipahami 150 juta umat di seluruh dunia.

Kisah 1 Gereja Pengin Naik Haji, Ustaz Khalid Basalamah: Orang Berjiwa muslim Tak Kekal di Neraka

Kepresidenan telah menyiapkan perangkat untuk transmisi global versi terjemahan khotbah Arafat dalam bahasa Inggris, Prancis, Melayu, Urdu, Farsi, Rusia, Cina, Bengali, Turki, dan Hausa.

Patut dicatat bahwa proyek ini adalah yang terbesar dalam menyebarkan pesan universal toleransi dan moderasi yang diadvokasi oleh agama ilahi dari tanah damai. 

Tahap II Ditutup, Kemenag Sebut 194.744 Jemaah Reguler Lunasi Biaya Haji

Ini juga merupakan lompatan kualitatif global dalam menyebarkan pesan Islam, serta untuk mewujudkan tujuan Visi Saudi 2030 yang bekerjasama dengan dengan Dua Masjid Suci.

Tahun lalu, kepresidenan berhasil mencapai targetnya melalui khutbah Arafat di antara 100 juta penerima manfaat di seluruh dunia.

Tahap II Ditutup, 194.744 Jemaah Reguler Lunasi Biaya Haji

Seperti diketahui, sebanyak 1 juta jemaah haji dari berbagai penjuru dunia berkumpul di Arafah, Mekah, Arab Saudi, memulai pelaksanaan puncak ibadah haji yakni wukuf di Arafah pada 9 Zulhijah, Jumat, 8 Juli 2022.

Jumlah jemaah haji tahun 2022 ini tentu jauh berkurang separuh lebih dibandingkan musim haji 2019 sekitar 2,5 juta muslim dari seluruh dunia mengambil bagian dalam haji. Pandemi COVID-19 memaksa otoritas Saudi memangkas kuota jemaah haji dari berbagai negara. 

Dimana tahun 2020 dan 2021 haji dilakukan secara terbatas dengan protokol ketat.

Sebelumnya, ratusan ribu jemaah melakukan tawaf  di situs paling suci Islam, Ka'bah di Masjidil Haram di Mekah. Mereka mengelilingi Ka'bah sepanjang hari, baik di saat siang hari yang panasnya mencapai 42 derajat maupun saat malam hari.

Pada hari Kamis, sebagian besar jemaah memulai perjalanan puncak haji mereka dari kawasan Mina, sekitar 5 kilometer dari Masjidil Haram. Selanjutnya menjelang malam hari, mereka bergeser ke Arafah untuk melaksanakan wukuf dan mendengarkan khutbah Arafah, sebagaimana Nabi Muhammad menyampaikan khutbah terakhirnya di Arafah.

Pihak berwenang Saudi telah melakukan operasi besar-besaran untuk memastikan kesehatan dan keselamatan jemaah haji. Kementerian Kesehatan Saudi telah menyiapkan 23 rumah sakit dan 147 pusat kesehatan di Mekah dan Madinah,untuk menampung para peziarah.

Empat rumah sakit dan 26 puskesmas juga siap merawat jemaah haji di Mina. Ada lebih dari 1.000 tempat tidur untuk pasien yang membutuhkan perawatan intensif dan lebih dari 200 khusus untuk pasien heatstroke, dan lebih dari 25.000 tenaga kesehatan siap untuk menanggapi kasus yang muncul.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya