Menlu Retno Sampaikan Duka Cita Atas Meninggalnya Shinzo Abe

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi.
Sumber :
  • Tangkapan layar zoom meeting

VIVA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe. Dalam konferensi pers yang berlangsung di Bali, Retno mewakili masyarakat dan Pemerintah Republik Indonesia menyampaikan kesedihan atas kabar duka tersebut.

Program Beasiswa Kuliah S1 di Jepang, Bebas Biaya dan Dapat Uang Saku Rp12 Juta Perbulan

“Sebelum saya memulai (konferensi pers), saya mendapatkan kabar duka cita dari Tokyo bahwa mantan Perdana Menteri Shinzo Abe meninggal dunia,” kata Retno sebelum menyampaikan hasil dari pertemuan para Menlu G20 di Bali, Indonesia, Jumat, 8 Juli 2022.

Retno mengungkapkan bahwa dia selaku perwakilan rakyat Indonesia dan Pemerintah Indonesia menyampaikan duka pada seluruh rakyat dan Pemerintah Jepang.

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

Mantan PM Jepang Shinzo Abe

Photo :
  • AP Photo/Shizuo Kambayashi

“Saya mewakili masyarakat dan Pemerintah Republik Indonesia menyampaikan duka cita yang sedalam-dalamnya kepada masyarakat dan Pemerintah Jepang. Dedikasinya (Shinzo Abe) sebagai Perdana Menteri akan selalu diingat oleh kita semua,” ujar Retno.

Nissan Magnite Kena Recall akibat Sensor Gagang Pintu Bermasalah

Sebelumnya, Abe ditembak pada saat menyampaikan pidato kampanyenya di kota Nara, Jepang barat. Setelah penembakan terjadi, pelaku dibekuk oleh pihak kepolisian. Pejabat kepolisian Jepang mengatakan bahwa motif dari penembakan tersebut adalah pelaku tidak puas dengan kinerja mantan PM Jepang itu saat menjabat.

“Dia tidak puas dengan (kinerja) Perdana Menteri Abe dan berniat untuk membunuhnya.”

Pelaku bernama Tetsuya Yamagami merupakan Pasukan Bela Diri Maritim Jepang selama tiga tahun, hingga sekitar tahun 2005 dia keluar dari anggota maritim. Dengan menggunakan senjata rakitan, Yamagami berhasil menembakan peluru dari belakang saat Abe sedang menyampaikan pidatonya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya