Potret Shinzo Abe Semasa Pimpin Jepang Sebelum Meninggal

Shinzo Abe bertemu dengan Raja Salman
Sumber :
  • Instagram @shinzoabe

VIVA Dunia – Mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe meninggal dunia pada Jumat, 8 Juli 2022 akibat ditembak saat berpidato di Nara, dekat Kyoto. Dia sempat pingsan yang kemudian mengalami berhenti jantung dan akhirnya dipastikan meninggal dunia.

Prada Ardiansyah, Prajurit TNI yang Tersambar Petir Meninggal Dunia

Shinzo Abe ditembak dari belakang dan langsung pingsan di tengah pidatonya di salah satu jalanan di Nara. Mantan PM Jepang itu kemudian terjatuh dan tampak memegangi bagian dadanya yang berlumuran darah, menurut laporan penyiar media.

Publik Jepang dan dunia terkejut dengan insiden maut ini. Pasalnya, insiden kekerasan senjata jarang terjadi di Jepang karena negara tersebut merupakan salah satu negara di mana senjata api dilarang. 

Jokowi Datang Melayat ke Mooryati Soedibyo, Ikut Salat Jenazah

Otoritas Jepang amat terkejut dan menyatakan insiden seperti ini sangat jarang terjadi di negara itu mengingat ketatnya kepemilikan senjata api di sana.

Video yang diunggah di media sosial menunjukkan acara itu kemudian tampak menjadi kacau. Sementara Abe tampak tak bergerak dan berbaring hingga terdengar suara riuh ambulans.

Kenang Sosok Mooryati Soedibyo, Nadia Mulya: Kartini Modern

Tersangka pelaku penembakan bernama Tetsuya sudah ditangkap setelah penembakan dan kini ditahan polisi. Menurut laporan media Jepang, tersangka bernama Tetsuya Yamagami telah menjadi anggota pasukan pertahanan diri maritim selama sekitar tiga tahun, sampai tahun 2005.

Dia mengatakan kepada polisi bahwa dia frustrasi dengan Abe dan berniat membunuhnya, menurut penyiar nasional NHK.

Potret Shinzo Abe semasa pimpin Jepang

Dikunjungi Menteri Pertanian, Kehutanan dan Perikanan

Dikunjungi Menteri Pertanian, Kehutanan dan Perikanan

Photo :
  • Instagram @shinzoabe

Potret ini di unggah oleh Shinzo Abe pada 9 Februari lalu yang mendapat kiriman makanan ke kantornya. Perwakilan Taku Eto, yang menjabat sebagai Menteri Pertanian, Kehutanan dan Perikanan di bawah pemerintahan Abe, mengirimkan kumquat matang.

Dikunjungi Gubernur Nara Arai dan di bawakan buah kesemek

Dikunjungi Gubernur Nara Arai dan di bawakan buah kesemek

Photo :
  • Instagram @shinzoabe

Dalam keterangan fotonya, ia mengaku bahwa Gubernur Nara Arai dan Walikota Gojo Ota mengunjunginya setiap tahun selama era Perdana Menteri. Produsen kesemek juga turut hadir dalam kunjungan tersebut. 

Menjalin hubungan dengan Kanselir Angela Merkel

Menjalin hubungan dengan Kanselir Angela Merkel

Photo :
  • Instagram @shinzoabe

Shinzo Abe telah membangun hubungan kepercayaan dengan Kanselir Angela Merkel melalui 25 pembicaraan sejak pemerintahan pertama. 

Perjanjian Kemitraan Ekonomi

Perjanjian Kemitraan Ekonomi dengan Perdana Menteri Johnson

Photo :
  • Instagram @shinzoabe

Pada September 2020, Shinzo Abe menjalin perjanjian Kemitraan Ekonomi dengan Inggris. Ia melakukan percakapan telepon dengan Perdana Menteri Johnson tempo hari, Jepang dan Inggris, yang merupakan mitra yang berbagi nilai-nilai universal.

Bertemu dengan Perdana Menteri Modi

Bertemu dengan Perdana Menteri Modi

Photo :
  • Instagram @shinzoabe

Shinzo Abae Menandatangani Perjanjian Akuisisi dan Layanan Lintas dengan India. Saat itu, mereka melakukan percakapan telepon dengan Perdana Menteri Modi dan menyambut baik penandatanganan perjanjian. Bersama Perdana Menteri Modi, dia mengunjungi negara satu sama lain setiap tahun dan menghabiskan banyak waktu bersama, berbagi visi Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, dan secara dramatis mempromosikan hubungan kerja sama antara Jepang dan India, termasuk keamanan. 

Latihan pencegahan bencana

Shinzo latihan pencegahan bencana

Photo :
  • Instagram @shinzoabe

Ini merupakan staf kediaman resmi. Pada Hari Pencegahan Bencana, Perdana Menteri Abe juga berpartisipasi dalam latihan pencegahan bencana dengan asumsi gempa Nankai Trough.

Shinzo Abe bertemu dengan Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammad dari Arab Saudi

Shinzo Abe bertemu dengan Putra Mahkota Muhammad dari Arab Saudi

Photo :
  • Instagram @shinzoabe

Pada Januari 2020, di tengah ketegangan di Timur Tengah, Shinzo Abe bertemu dengan Yang Mulia Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammad dari Arab Saudi.

Bertemu Jokowi

Presiden Indonesia Joko Widodo dan Mantan Pm Jepang Shinzo Abe

Photo :
  • Twitter: Jokowi

Rupanya Shinzo Abe juga sempat bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo. Pemberitaan atas meninggalnya Shinzo Abe, mantan PM Jepang, Presiden Jokowi mengucapkan belasungkawa. Hal itu terlihat dalam postingan terbarunya di twitter yang juga mengunggah foto kebersamaan dengan Shinzo Abe.

“Izinkan saya untuk menyampaikan belasungkawa terdalam kami atas kematian tragis mantan PM Abe Shinzo dari Jepang. Kontribusi beliau dalam memperkuat kerjasama RI-Jepang akan selalu kami kenang. Semoga keluarga PM Abe dan masyarakat Jepang diberikan kekuatan di masa sulit ini,”unggahan di twitter Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya