Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Akan Dimakamkan Hari Ini

Mantan PM Jepang Shinzo Abe
Sumber :
  • AP Photo/Shizuo Kambayashi

VIVA Dunia – Mantan Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe, yang tewas ditembak saat pidato, akan dimakamkan di sebuah kuil di Minato-ku, Tokyo, pada Selasa 12 Juli 2022. 

Kembangkan Sistem Berkendara Canggih, Toyota Bakal Gandeng Huawei

Mantan Perdana Menteri Abe dari Partai Demokrat Liberal Jepang, tewas setelah ditembak dengan pistol saat memberikan pidato dukungan untuk pemilihan Majelis Tinggi di Kota Nara pada Jumat, 8 Juli 2022.

Melansir dari NHK, Selasa 12 Juli 2022, selain anggota partai yang berkuasa dan oposisi, sekitar 2.500 hadirin, termasuk pejabat asing dan pebisnis juga hadir dalam pemakan Abe hari ini. Pemakaman diadakan di Kuil Zoujoji mulai pukul 13.00 siang waktu setempat.

Suzuki GSX-S950 Akhirnya dapat Baju Baru, tapi Harganya Bikin Geleng-geleng Kepala

Warga Jepang menonton laporan berita Shinzo Abe ditembak.

Photo :
  • Kyodo News via AP.

Pemakaman hanya dihadiri oleh anggota keluarga dan pihak terkait yang memiliki hubungan dekat dengan mereka. Sementara dari dunia politik, Perdana Menteri Kishida, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Liberal, Mr. Motegi, dan eksekutif Abe, yang diketuai oleh Abe akan hadir.

Prabowo Safari ke Cina dan Jepang, Dino Patti Djalal: Jadi Wajah Baru Politik Luar Negeri RI

Setelah pemakaman, mobil yang membawa jenazah Abe akan mengitari markas Partai Demokrat Liberal, Kantor Perdana Menteri, dan Gedung Diet, untuk mengucapkan selamat tinggal kepada Nagatacho, yang telah menjadi panggung kegiatan politik selama bertahun-tahun, di Daerah Shinagawa untuk menuju ke Saiba.

Pada Senin, 11 Juli 2022, pemerintah memutuskan untuk memberikan medali tertinggi yakni Kerah Krisan Tertinggi, untuk menghormati prestasi Abe sejauh ini.

Selain itu, pesta perpisahan akan diadakan di kemudian hari di Prefektur Tokyo dan Yamaguchi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya