PBB: Populasi Global Mencapai 8 Miliar, Tetapi Pertumbuhan Melambat

ilustrasi Majelis Umum PBB telah mengecualikan Rusia
Sumber :

VIVA Dunia – Populasi global diperkirakan akan mencapai delapan miliar pada 15 November 2022, menurut perkiraan PBB pada pernyataan di website resminya un.org, dengan ini juga jumlah penduduk India akan menyusul China sebagai negara terpadat di dunia pada tahun depan.

Partai Gelora Tolak PKS, Partai Koalisi Serahkan Keputusan Akhir di Prabowo Subianto

PBB mencatat pada hari Senin, 11 Juli 2022, bahwa dibutuhkan ratusan ribu tahun bagi populasi dunia untuk mencapai satu miliar dan hanya 200 tahun untuk tumbuh tujuh kali lipat. Semisal, pada tahun 2011, jumlah penduduk mencapai tujuh miliar, berarti hanya membutuhkan satu dekade untuk penambahan 1 Miliar jumlah penduduk di bumi.

Sementara perkiraan oleh Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial PBB mengatakan dalam pernyataan di websitenya, bahwa populasi dunia saat ini tumbuh pada laju paling lambat sejak 1950, dikatakan ini merupakan efek dari pertumbuhan cepat sebelumnya, yang berakibat terasa selama bertahun-tahun yang akan datang.

Parlemen Arab Desakkan Investigasi Internasional Kejahatan Israel di Gaza

“Pertumbuhan dramatis sebagian besar didorong oleh peningkatan jumlah orang yang bertahan hidup hingga usia reproduksi, dan telah disertai dengan perubahan besar dalam tingkat kesuburan, peningkatan urbanisasi dan percepatan migrasi,” kata PBB.

"Tren ini akan memiliki implikasi luas untuk generasi mendatang.

List of Countries with the Most Widows

Laporan tersebut memperkirakan populasi global akan mencapai 8,5 miliar pada 2030 dan 9,7 miliar pada 2050, puncak jumlah penduduk kemungkinan sekitar 10,4 miliar orang pada tahun 2080-an, sebelum kembali stabil hingga tahun 2100.

PBB mengatakan sementara pertumbuhan populasi merupakan indikasi kemajuan dalam kesehatan dan pembangunan ekonomi, itu juga menggarisbawahi perlunya kebijakan yang efektif untuk mengatasi beberapa masalah paling mendesak di dunia.

“Kemajuan tidak universal, melemparkan ketidaksetaraan menjadi batuan yang tajam,” katanya.

“Kekhawatiran dan tantangan yang sama yang diangkat 11 tahun lalu tetap ada atau memburuk: Perubahan iklim, kekerasan, diskriminasi.”

Lebih dari setengah perkiraan kenaikan populasi dunia dalam beberapa dekade mendatang akan terkonsentrasi hanya di delapan negara, menurut laporan itu.

Dikatakan mereka adalah Republik Demokratik Kongo, Mesir, Ethiopia, India, Nigeria, Pakistan, Filipina dan Tanzania.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya