Iran Berencana Suplai Rusia Ratusan Drone untuk Perang Ukraina

VIVA Militer: Ratusan unit drone terbaru Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC)
Sumber :
  • Mehr News Agency

VIVA Dunia – Iran berencana untuk memasok Rusia dengan ratusan drone untuk mempersenjatai perangnya di Ukraina, beberapa dengan kemampuan tempur, kata seorang pejabat Amerika Serikat (AS).

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, Jake Sullivan, mengatakan bahwa informasi yang diterima oleh AS menunjukkan bahwa Iran sedang bersiap untuk melatih pasukan Rusia untuk menggunakan drone. Dia menambahkan bahwa tidak jelas apakah Iran telah mengirimkannya.

Drone telah memainkan bagian integral dalam perang Ukraina dan Rusia. Baru minggu lalu, Ukraina meminta sumbangan ribuan drone untuk membantu upaya perangnya.

Meski Negaranya Tengah Dilanda Aksi Terorisme, Rusia Tetap Kirim 29 Ton Bantuan ke Gaza

VIVA Militer: Drone Fortros milik Garda Revolusi Iran (IRGC)

Photo :
  • Teherantimes

Kedua belah pihak menggunakannya untuk melihat posisi musuh, dan kemudian membantu mengarahkan dan memperbaiki tembakan artileri mereka sendiri ke sasaran.

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

Dia juga mengamati bahwa drone Iran sebelumnya telah digunakan oleh pemberontak Houthi Yaman untuk menyerang Arab Saudi.

Pernyataan Sullivan ini muncul menjelang kunjungan Presiden AS Joe Biden ke Israel dan Arab Saudi minggu ini. Sejauh ini kedua negara tidak bergabung dengan sanksi terhadap Rusia atas perangnya di Ukraina.

Israel melihat Iran sebagai ancaman regional terbesarnya. AS dan sekutu lainnya telah memasok senjata senilai miliaran dolar ke Ukraina sejak invasi pada Februari.

Sullivan mengatakan AS akan terus "mempertahankan pertahanan efektif Ukraina".

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya