Arab Saudi Klaim Pelaksanaan Haji 2022 Sukses

Rombongan dari Kementerian Agama yang dipimpin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al-Rabiah di Jeddah, Arab Saudi, Minggu, 20 Maret 2022.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Dunia – Khalid Al-Faisal, Gubernur Wilayah Makkah dan Presiden Komite Haji Pusat Arab Saudi mengatakan musim haji tahun ini, yang menyambut sekitar satu juta peziarah untuk pertama kalinya setelah dua tahun tertunda akibat pandemi, telah sukses dilaksanakan.

Kuota Indonesia Sudah Terpenuhi, Kemenag Imbau Jangan Tertipu Tawaran Visa Non Haji

“Saya senang mengumumkan bahwa haji tahun ini telah berhasil di bidang keamanan, layanan, dan kesehatan,” kata Pangeran Khalid dalam sebuah laporan dari kantor berita negara SPA. dikutip Arab News, Rabu 13 Juli 2022.

Ia juga menilai pelaksanaan haji tahun ini tidak diwarnai insiden kecelakaan atau penularan wabah penyakit. “Tidak ada catatan kecelakaan, infeksi atau wabah penyakit selama haji tahun ini,” tambahnya.

Resmi, Kemenag Rilis Jadwal Keberangkatan dan Pemulangan Jemaah Haji 2024

Pangeran Khalid mengaitkan keberhasilan tersebut dikarenakan dukungan keuangan, proyek, dan staf ekstensif yang diterjunkan pemerintah untuk memastikan haji yang lancar dan aman bagi para jemaah.

Dia juga memuji upaya aparat keamanan dan tenaga medis dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji yang datang dari berbagai belahan dunia.

Terpopuler: Tukang Parkir Naik Haji, Jasad Dalam Koper di Bali hingga Mahasiswa STIP Tewas

Sementara itu, Menteri Kesehatan Saudi Fahad Al-Jalajel mengatakan insiden COVID-19 di Arab Saudi tahun ini hanya tercatat 38 kasus individu yang langsung mendapat penanganan dengan cepat sesuai protokol kesehatan.

Al-Jalajel juga mengkonfirmasi tidak ada wabah penyakit di antara jemaah. Menteri Kesehatan itu mencatat bahwa lebih dari 230 fasilitas Kesehatan telah berhasil memberikan pelayanan medis khusus kepada para Jemaah di seluruh tempat suci.

Dia juga menyebutkan lebih dari 25.000 praktisi Kesehatan  dan 2.000 sukarelawan telah melayani Jemaah haji dengan baik di tahun ini.

Respon kerajaan atas keberhasilan haji 2022

Sebelumnya, Menyikapi keberhasilan tersebut, Kerajaan Arab Saudi yang dipimpin oleh Raja Salman telah mendistribusikan total satu juta Al-Qur'an sebagai hadiah untuk jemaah haji, pada Senin 11 Juli 2022.

Hadiah tersebut diberikan kepada Jemaah haji yang berangkat melalui Bandara Internasional King Abdulaziz Jeddah, Pelabuhan Laut Islam dan saluran darat maupun udara lainnya.

Tidak hanya Jemaah, Arab Saudi juga telah menyiapkan hadiah Al Quran yang akan diserahkan kepada aparatur pemerintah yang ikut melaksanakan tugas haji tahun ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya