Serikat pekerja Irlandia Utara Adakan Parade di Tengah Krisis Politik

Parade di Irlandia Utara
Parade di Irlandia Utara
Sumber :
  • AFP

VIVA Dunia – Anggota serikat pekerja Orde Oranye Irlandia Utara telah berparade melalui Belfast di bawah pengamanan ketat, menandai peringatan 12 Juli 1690 kemenangan Raja Protestan William dari Oranye atas saingan Katoliknya Raja James II.

Kerumunan penonton yang mencengkeram bendera serikat pekerja pada hari Selasa, 13 Juli 2022 memberi jalan bagi kehadiran polisi yang datang mengamankan.

Perayaan itu adalah hari tersibuk dalam setahun bagi polisi di Irlandia Utara, yang bermula 30 tahun pertumpahan darah sektarian atas pemerintahan Inggris.

Parade ini memperingati munculnya perjanjian damai di tahun 1998 antara golongan nasionalis yang sebagian besar Katolik dan mendukung bergabung dengan Republik Irlandia dan serikat pekerja. , yang sebagian besar Protestan, berharap untuk tetap menjadi bagian dari Inggris, dan termasuk anggota Orde Oranye.

Grand Orange Lodge of Ireland memperkirakan setengah juta orang mengambil bagian dalam acara di 18 lokasi di seluruh Irlandia Utara untuk merayakan puncak dari perayaan.

Irlandia Utara sudah berada tiga lalu berjalan tanpa pemerintahan, setelah pemilihan bulan Mei yang gagal.

Pengunduran diri Perdana Menteri Boris Johnson telah menciptakan ketidakstabilan lebih lanjut, dengan kandidat Partai Konservatif yang ingin menggantikannya mengintai posisi pada aturan perdagangan pasca-Brexit untuk wilayah tersebut, sebagaimana disepakati dalam Protokol Irlandia Utara.

Halaman Selanjutnya
img_title