PM Sri Lanka Ranil Wickremesinghe Dilantik Sebagai Presiden

PM Sri Lanka Ranil Wickremesinghe (tengah jas hitam)
Sumber :
  • AP Photo/Eranga Jayawardena

VIVA DUNIA – Perdana Menteri Sri Lanka, Ranil Wickremesinghe, dilantik sebagai presiden sementara Sri Lanka pada Jumat, 15 Juli 2022, sampai Parlemen memilih pengganti Gotabaya Rajapaksa, yang mengundurkan diri setelah protes massal atas keruntuhan ekonomi negara itu.

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

Ketua Parlemen Sri Lanka mengatakan Rajapaksa mengundurkan diri sebagai presiden efektif, pada Kamis, 14 Juli 2022, dan anggota parlemen akan bersidang pada Sabtu, 16 Juli 2022, untuk memilih pemimpin baru.

Pilihan mereka nantinya akan menjalani sisa masa jabatan Rajapaksa yang berakhir pada 2024, kata Ketua Mahinda Yapa Abeywardana. Dia memperkirakan prosesnya akan selesai dalam tujuh hari.

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya

Para demonstran mengambil foto sebelum meninggalkan kantor perdana menteri Ranil Wickremesinghe di Kolombo, Sri Lanka.

Photo :
  • AP Photo/Rafiq Maqbool.

Melansir dari AP, Jumat 15 Juli 2022, Ranil berpotensi menunjuk perdana menteri baru, yang kemudian harus disetujui oleh Parlemen. Dengan mengundurkan diri Rajapaksa, tekanan pada Wickremesinghe meningkat.

Prabowo Segera Bahas Koalisi Setelah Ditetapkan Jadi Presiden Terpilih Besok

Para penentang memandang pengangkatan Wickremesinghe sebagai perdana menteri pada Mei lalu, sebagai upaya mengurangi tekanan pada Rajapaksa untuk mengundurkan diri. Wickremesinghe menjadi penjabat presiden ketika Rajapaksa melarikan diri dari Sri Lanka pada Rabu, 13 Juli 2022.

Rajapaksa tiba di Singapura pada hari Kamis dan pengunduran dirinya menjadi resmi pada tanggal tersebut, setelah dia mengirimkan surat pengunduran dirinya melalui email. Kantor perdana menteri mengatakan Wickremesinghe dilantik pada hari Jumat sebagai presiden sementara di hadapan Hakim Agung, Jayantha Jayasuriya.

Sri Lanka kekurangan uang untuk membayar impor kebutuhan dasar seperti makanan, pupuk, obat-obatan dan bahan bakar, yang membuat 22 juta penduduknya putus asa. Penurunan ekonominya yang cepat menjadi lebih mengejutkan, karena sebelum krisis ini, ekonomi telah berkembang, dengan kelas menengah yang hidup dengan nyaman.

Para pengunjuk rasa memasak dan membagikan nasi, susu, makanan yang dinikmati orang Sri Lanka untuk merayakan kemenangan setelah pengunduran diri Rajapaksa. Di lokasi protes utama di depan kantor presiden di Kolombo, orang-orang menyambut baik pengunduran dirinya tetapi bersikeras bahwa Wickremesinghe juga harus mundur.

“Saya senang Gotabaya akhirnya pergi.  Dia seharusnya mengundurkan diri lebih awal, tanpa menimbulkan banyak masalah,” kata Velauynatha Pillai, seorang pensiunan pegawai bank.

Para pengunjuk rasa mengibarkan bendera Sri Lanka di atas gedung kantor Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe.

Photo :
  • ANTARA FOTO/REUTERS/Adnan Abidi

Namun dia menambahkan bahwa Wickremesinghe adalah pendukung Gotabaya, dan lainnya juga harus pergi. Para pengunjuk rasa yang telah menduduki gedung-gedung pemerintah mundur pada hari Kamis, dan memulihkan ketenangan yang renggang di ibu kota, Kolombo.

Tetapi dengan oposisi politik di Parlemen terpecah, solusi untuk banyak kesengsaraan Sri Lanka tampaknya tidak lebih dekat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya