Video Mengerikan Pesawat Antonov Ukraina Jatuh dan Meledak di Yunani

Api terlihat di lokasi kecelakaan pesawat kargo Ukraina di Yunani, Sabtu 16 Juli
Sumber :
  • Ilias Kotsireas/InTime News via AP

VIVA Dunia – Pesawat kargo Antonov-12 (An-12BK) milik perusahaan kargo Meridian, Ukraina, jatuh di dekat kota Kavala di Yunani utara, Sabtu, 16 Juli 2022, waktu setempat. Pesawat dilaporkan hilang kontak dan dilaporkan jatuh sebelah barat bandara Kavala.

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

Berdasarkan pantauan FlightRadar24, maskapai dengan nomor penerbangan MEM3032 itu terbang dari Bandara NIS Serbia menuju Amman, Yordania. Pesawat takeoff dari Bandara NIS Serbia pada Sabtu, 16 Juli 2022, pukul 18:36 waktu setempat. 

Setelah melakukan penerbangan selama 1 jam 10 menit atau sekitar pukul 19:30, pesawat memutar balik ke daratan saat melintasi Laut Aegea, Yunani. Sinyal terakhir dari pesawat diterima pukul 19:47:39 waktu UTC. Transponder melaporkan ketinggian pesawat berada 350 kaki, sekitar 36 km dari Bandara Kavala di Yunani.

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Pesawat Kargo Antonov-12 milik perusahaan kargo Merdian Ukraina jatuh di Yunani

Photo :
  • Ist

Pabrik Rakit Drone Ukraina Hancur Dibom Pasukan Rusia
 
Otoritas penerbangan sipil Yunani melaporkan pesawat hilang kontak dan jatuh tak lama setelah melakukan kontak dengan ATC dan meminta izin mendarat darurat di bandara terdekat, Kavala. Pilot sebelumnya menyampaikan ada masalah di salah satu mesin pesawat sehingga meminta izin pendaratan darurat. Pilot diberi pilihan mendarat di bandara Thessaloniki atau Kavala.

Sang pilot kemudian memilih Bandara Kavala, yang lebih dekat untuk melakukan pendaratan darurat. Komunikasi dengan pesawat berhenti segera setelah itu. Pesawat jatuh sekitar 40 kilometer (25 mil) barat bandara Kavala.

"Kami mendengar ledakan sampai beberapa menit yang lalu," kata Wali Kota Paggaio, Filippos Anastassiadis kepada Associated Press. "Saya sekitar 300 meter dari lokasi kecelakaan."

Salah satu pejabat mengatakan kepada radio Yunani ERT, ledakan terdengar selama dua jam setelah kecelakaan itu. Warga setempat melaporkan melihat bola api dan kepulan asap sebelum kecelakaan itu.

Media Yunani melaporkan, sebanyak delapan orang di dalam pesawat nahas itu, dan membawa 12 ton bahan berbahaya, sebagian besar bahan peledak. Namun pejabat setempat mengatakan. mereka tidak memiliki informasi spesifik tentang kargo tersebut dan memberikan jumlah penumpang yang berbeda-beda.

Sebagai tindakan pencegahan karena bau menyengat yang berasal dari lokasi kecelakaan, komite koordinasi yang terdiri dari pejabat kota, polisi, dan dinas pemadam kebakaran mengatakan kepada penduduk dua wilayah terdekat dengan lokasi kecelakaan untuk menutup jendela mereka sepanjang malam, tidak keluar rumah dan memakai masker. 

ERT melaporkan bahwa tentara dan ahli bahan peledak sedang dalam perjalanan ke lokasi, yang terletak di lahan pertanian dekat dengan dua desa yang merupakan bagian dari kota Paggaio. 

Para ahli bahan peledak ini akan mulai bekerja diperkirakan Minggu pagi ini. Para ahli dari Komisi Energi Atom Yunani akan bergabung dengan mereka.

Petugas pemadam kebakaran telah menutup area pada radius sekitar 400 meter. Area yang ditutup akan diperluas, kata pejabat dinas pemadam kebakaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya