Tidak Ada Penjara, Inilah 6 Fakta Vatikan yang Jarang DIketahui

Vatikan
Sumber :
  • VIVA/Ezra Sihite

VIVA Dunia – Memiliki luas sebesar 0,44 km persegi, Vatikan adalah negara-kota kecil dan enklave yang terletak di dalam Roma, Italia. Pusat Gereja Katolik Roma, Vatikan lebih dari sekadar tempat ziarah. Negara ini wajib dikunjungi dengan berbagai fakta Vatikan. Vatikan adalah harta karun dalam setiap arti kata. Ini adalah rumah bagi beberapa karya seni paling signifikan selama berabad-abad, menarik penggemar sejarah dan penggemar seni. Berikut ini fakta Vatikan yang dikutip dari The Vatican Tickets. 

Detik-detik 2 Pemuda Ditangkap Warga Gegara Dikira Bandar Narkoba, Polisi Ungkap Faktanya

1. Negara Terkecil Di Dunia

Vatikan

Photo :
  • VIVA/Ezra Sihite
Rizky Irmansyah Ungkap Fakta Soal Putusnya dengan Nikita Mirzani, Rizky : Nanti Saya Buka Boroknya

Dengan luas hanya 0,44 kilometer persegi dan jumlah penduduk 825 orang, Vatikan adalah negara terkecil di dunia. Ini mungkin satu-satunya negara di dunia yang dapat berjalan-jalan dalam waktu kurang dari 1 jam. Yang membuat fakta Vatikan semakin menarik adalah negara itu terletak di dalam kota Roma.

2. Tidak Ada Kewarganegaraan Permanen di Kota Vatikan

Gus Yahya Sebut Rencana Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia Sudah Didengar Sejak 2018

Citt del Vaticano, Kota Vatikan

Photo :
  • Pexels

Fakta Vatikan lainnya, yaitu tidak memiliki rumah sakit, atau yang lebih penting, tidak ada ruang bersalin. Akibatnya, tidak ada yang bisa menjadi warga negara Vatikan sejak lahir. Warga negara diberikan kewarganegaraan atas dasar penunjukan untuk bekerja dalam kapasitas tertentu dalam pelayanan Takhta Suci. Kewarganegaraan diperluas ke pasangan, orang tua, dan kerabat lain yang tinggal bersama. Setelah pengangkatan berhenti, kewarganegaraan dilucuti.

3. Kota Vatikan Tidak Memiliki Penjara

Penjara

Photo :
  • Pexels

Fakta Vatikan kemungkinan satu-satunya negara di Bumi yang tidak memiliki penjara. Negara ini memang memiliki beberapa sel untuk penahanan pra-sidang. Mereka yang dihukum dan dijatuhi hukuman penjara menjalani hukuman di penjara Italia sesuai dengan Perjanjian Lateran. Biaya pemenjaraan ditanggung oleh pemerintah Vatikan.

4. Sarang Kejahatan

Ilustrasi terjadi kejahatan

Photo :
  • Pexels

Selanjutnya, fakta Vatikan adalah rumah bagi kurang dari 1.000 penduduk resmi, namun memiliki tingkat kejahatan tertinggi dari negara mana pun di dunia. Meskipun begitu, Vatikan memiliki lebih banyak kejahatan daripada negara lain, selain itu memiliki lebih banyak kejahatan per kapita. Kejahatan ini biasanya dilakukan oleh jutaan turis yang melintasi kawasan tersebut. Kejahatan yang paling umum adalah mengutil, merampas dompet, dan pencopetan, dan situs resmi pariwisata Vatikan sendiri meminta wisatawan untuk waspada setiap saat.

5. Vatikan, Ibukota Anggur

Ilustrasi produksi anggur tertinggi

Photo :
  • Pexels

Dilaporkan bahwa penduduk Vatikan mengkonsumsi lebih banyak anggur per kapita daripada di tempat lain di dunia. Rata-rata penduduk Vatikan mengkonsumsi 74 liter anggur yang menakjubkan setiap tahun, yang merupakan dua kali lipat konsumsi anggur negara-negara ibukota Perancis dan Italia.

Ada beberapa alasan untuk konsumsi anggur mereka yang lebih tinggi. Penduduk Vatikan cenderung makan bersama dalam kelompok yang lebih besar, dan satu-satunya supermarket di kota itu menjual anggur bebas bea, yang menghasilkan konsumsi yang lebih tinggi.

6. Paus Dilindungi oleh Pengawal Swiss

Pontifical Swiss Guard atau Pengawal Swiss Kepausan

Photo :
  • Britanicca

135 tentara Swiss, yang dikenal sebagai Pengawal Swiss Kepausan, bertanggung jawab untuk melindungi Paus. Mereka pertama kali dipekerjakan pada tahun 1506 oleh Paus Julius II yang membutuhkan perlindungan pribadi dari musuh Gereja. Mereka mudah dikenali dalam seragam bergaris warna-warni. Tidak ada yang bisa bergabung dengan penjaga Swiss; seseorang harus laki-laki, berusia antara 19 dan 30 tahun, dan tinggi 5' 8''. Seseorang juga harus menjadi seorang Kristen dan harus telah menyelesaikan pelatihan dasar militer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya