Penangkapan Bos Kartel Caro Quintero Tewaskan Belasan Marinir

Helikopter Blackhawk ikut jatuh saat penangkapan bos kartel narkoba RC Quintero
Sumber :
  • AP Photo/Guillermo Juarez

VIVA Dunia – Bos kartel narkoba yang terkenal dan masuk dalam daftar 10 orang paling dicari oleh FBI berhasil ditahan pada Jumat, 15 Juli 2022 pekan lalu. Dalam operasi penangkapannya disebut ada 14 marinir yang membantu penangkapannya bahkan tewas karena terjadi kecelakaan helikopter Blackhawk, sebagaimana disampaikan pejabat Angkatan Laut Meksiko.

WNA Asal Rusia Kongkalikong dengan Hacker Meksiko Bobol ATM di Palembang

Buronan bos kartel Rafael Caro Quintero ditahan oleh Marinir setelah ia ditemukan bersembunyi di semak-semak oleh anjing Angkatan Laut di Kota San Simón, Kotamadya Choix di negara bagian Sinaloa, menurut pernyataan Angkatan Laut Meksiko.

Caro Quintero yang dikenal sebagai narco para pengedar narkoba dianggap oleh otoritas Meksiko sebagai pendiri kartel Guadalajara.

Brutal, Ekuador Bobol Kedutaan Besar Meksiko Untuk Tangkap Paksa Wapresnya yang Dituduh Korupsi

Bos kartel narkoba Rafael Caro-Quintero (tengah) digiring aparat di Sinaloa

Photo :
  • Mexico

Mereka mendakwanya memperdagangkan metamfetamin, heroin, kokain, dan ganja secara ilegal dan besar-besaran.

Salah Sasaran! 5 Turis Dibunuh Kartel Narkorba dengan Sadis

"Buronan itu kembali ke perdagangan narkoba sebagai pemimpin senior kartel Sinaloa," kata FBI, dikutip dari CNN International, Selasa 19 Juli 2022.

Jaksa Agung Amerika Serikat (AS)  Merrick Garland mengatakan pada hari Jumat bahwa AS akan segera mengupayakan ekstradisi Caro Quintero sehingga dia dapat diadili di AS karena kasus pembunuhan agen rahasia khusus (DEA) AS Camarena.

"Tidak ada tempat persembunyian bagi siapa pun yang menculik, menyiksa, dan membunuh penegak hukum Amerika," kata Garland.

Pada tahun 2018, otoritas AS mengumumkan hadiah US$20 juta atau setara dengan Rp299,810 triliun untuk siapa pun yang berhasil menangkap Caro Quintero.

Pasukan yang jadi bagian penangkapan bos kartel narkoba Rafael Caro Quintero

Photo :
  • AP Photo/Guillermo Juarez

Sebelumnya juga penangkapan buronan berumur 60-an itu adalah pembalasan yang salah tempat dan dengan mudah menulis ulang sejarah, menurut DEA.

Agen DEA yang berbasis di Meksiko bekerja dengan pihak berwenang Meksiko untuk menemukan dan menangkap Quintero, kata administrator DEA, Anne Milgram dalam sebuah catatan kepada tenaga kerja agen tersebut pada Jumat malam.

"Selama lebih dari 30 tahun, pria dan agen perempuan DEA telah bekerja tanpa lelah untuk membawa Caro Quintero ke pengadilan," kata Milgram. 

"Penangkapan hari ini adalah hasil dari bertahun-tahun darah, keringat, dan air mata Anda. Tanpa pekerjaan Anda, Caro Quintero tidak akan diadili," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya