Suami Jaga Negara Saat Perang, Olena Zelenska ke AS untuk Pidato

Olena Zelenska diterima Presiden Joe Biden dan Jill di Washington DC
Sumber :
  • AP Photo/Andrew Harnik

VIVA Dunia – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan ibu negara AS Jill Biden menyambut ibu negara Ukraina Olena Zelenska di Gedung Putih pada Selasa 19 Juli 2022.

Rusia Makin Gencar Menyerang, AS Janji Secepatnya Akan Kirim Senjata ke Ukraina

Dengan menggenggam buket bunga, ibu negara Ukraina itu disambut hangat oleh Presiden AS dan istrinya.

Melansir dari The Straits Times, Rabu 20 Juli 2022, kedatangan Zelenska ke Gedung Putih itu untuk kunjungan menjelang pidatonya di Kongres AS pada hari Rabu.

LSM Asal AS ini Diduga Ikut Campur Tangan Pemilu di Banyak Negara

Zelenska istri Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky tampak memeluk Jill Biden dan menerima bunga dari presiden, yang menemui kendaraannya di luar.

Ibu negara Ukraina Olena Zelenska berkunjung ke Washington DC, AS

Photo :
  • AP Photo/Patrick Semansky
Alasan Negara Arab Lebih Pilih Dukung Israel daripada Iran, Khawatir Perang Makin Luas

Setelah itu, kedua perempuan tersebut delegasi dari kedua negara duduk untuk pertemuan di Ruang Biru Gedung Putih.

Jill Biden telah melakukan kunjungan mendadak ke Ukrain pada bulan Mei. Dia mengunjungi Zelenska dan sebuah sekolah yang melindungi pengungsi Ukraina.

Presiden Volodymyr Zelensky kemudian mengatakan dia mengharapkan hasil yang signifikan dari pertemuan istrinya di Washington. Tugasnya termasuk meningkatkan dukungan AS untuk Ukraina, mendapatkan dukungan tambahan untuk melindungi orang dari teror Rusia, dan meningkatkan bantuan kemanusiaan, katanya dalam pidato video malam.

Dia mengatakan pidato di depan Kongres AS akan menjadi penting.

"Saya sangat percaya itu akan didengar oleh orang-orang yang bertanggung jawab untuk membuat keputusan di Amerika Serikat"," kata Zelensky.

Rusia menyebut tindakannya di Ukraina sebagai operasi militer khusus untuk memastikan keamanannya sendiri.

"Ketika saya kembali, salah satu hal yang saya katakan adalah, anda tidak bisa pergi ke zona perang dan kembali, dan tidak merasakan kesedihan dan rasa sakit orang-orang," kata Jill Biden di awal pertemuan mereka.

Dia mengatakan bahwa dirinya telah berbicara dengan timnya tentang membantu mengatasi masalah kesehatan mental bagi ibu dan anak-anak yang telah menderita kekejaman.

Zelenska dijadwalkan berpidato di depan Kongres AS pada hari Rabu sebagaiamana menurut kantor Ketua DPR AS Nancy Pelosi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya