10 Mesin Paling Kuat di Bumi, Ada yang Raih Rekor Dunia

Komatsu.
Sumber :

VIVA Dunia – Dalam sejarah manusia, ada sebagian dari mereka yang berhasil melakukan sebuah penemuan hingga menciptakan sebuah hal yang benar-benar luar biasa.

Mobil Baru Hyundai Rp130 Jutaan Sudah Bisa Dipesan di Diler

Seperti halnya, penemuan hingga terciptanya sebuah mesin-mesin paling kuat di dunia. Tahukah kalian, ternyata di dunia ini berbagai mesin telah sekop  selama bertahun-tahun dan banyak dari mereka tidak mendapatkan pengakuan secara global yang seharusnya layak mereka dapatkan.

Pasalnya, untuk menciptakan dan merancang mesin-mesin tersebut dibutuhkan waktu bertahun-tahun hingga akhirnya bisa melayani sesuai dengan tujuan awal pembuatan. Di Mteevanhire sangat tertarik dengan proyek pengembangan mesin terbaru dan juga memahami dan mengagumi tenaga kerja yang merancang mesin yang luar biasa. 

Tips Menjaga Kesehatan Mesin Mobil saat Mudik Lebaran

Nah berikut ini terdapat 10 mesin paling kuat yang pernah dibuat oleh manusia melansir dari mteevanhire.co.uk. Dan hasilnya, seluruh mesin-mesin tersebut memang sangar, kuat, dan benar-benar mengesankan. Ada apa saja?

Three Gorges Damn – China

Mobil Andalan Xi Jinping Muncul Versi Murahnya

Three Gorges Damn Cina

Photo :

Meskipun secara teknis ini bukan mesin, mesin ini masuk dalam daftar karena ini adalah struktur terkuat di dunia. Berdiri di ketinggian 607 kaki dan panjang hampir 1,5 mil, itu lebih tinggi dari Monumen Washington dan lebih panjang dari Jembatan Brooklyn.

Kapasitas pembangkitnya 22.500 megawatt adalah 1,5 kali lipat dari bendungan yang menempati urutan kedua, Tiga Ngarai menghasilkan rata-rata 273.790 megawatt listrik setiap hari. Itu cukup untuk menjalankan Orlando…selama dua minggu.

The BelAZ 75710

The Belaz

Photo :

Drump Truck Seukuran Lapangan Tenis. Mesin bak monster ini memiliki berat hampir 400 ton – kosong. Penuh ditebar, truk mendekati 900 ton. Lebarnya 32 kaki dan panjangnya 67 kaki, dan 26 kaki yang berarti pada dasarnya seukuran lapangan tenis standar.

Kekuasaan? Nah, mesin ini membutuhkan 2.300 generator diesel bertenaga kuda kembar. Mirip dengan sepupunya yang lebih kecil  terutama truk seberat 400 ton yang dibuat oleh Caterpillar, Bucyrus, dan Liebherr BelAZ hidup dan bekerja di tambang terbuka yang besar.

Karena faktanya BelAZ dibuat di Belarus, rumah bagi salah satu pemerintahan paling represif di planet ini sulit membuat siapa pun membicarakan BelAZ dan Anda hanya dapat melihatnya jika bepergian ke Siberia.

Universal Alloy

Universal Alloy adalah salah satu pemasok terkemuka komponen struktural untuk perusahaan, termasuk Boeing, Airbus dan produsen pertahanan. Di sini, terdapat mesin press aluminium ekstrusi 9.000 ton berusia 75 tahun, yang paling kuat di dunia.

Mesin tersebut menghasilkan 16.200 ton tekanan untuk mengubah 5.000 billet logam padat berukuran bak mandi menjadi pasta gigi. Mesin ini panjangnya hampir 300 kaki dan ditambatkan ke fondasi beton setebal 10 kaki.

Sejarah mesin kolosal ini juga mengesankan. Dibangun oleh Hydraulik untuk Lufwaffe Jerman di akhir 30-an, diangkut ke AS pada akhir 40-an sebagai rampasan perang. Menurut Paul Scaglione – insinyur yang mengawasi pembangunan kembali Kanton pers. Butuh 160 semifinal dan tujuh gerbong untuk mengangkut pers ke Georgia dari bekas rumahnya di Illinois.

 Emma Mærsk – Wa?rtsila?-Sulzer RTA96-C

Ini adalah kapal kontainer terbesar yang pernah dibuat. Duduk dengan panjang 1.302 kaki, berat 2.3000 ton dan mesinnya sendiri memiliki panjang 89 kaki dan tinggi 44 kaki.

Namun, efisiensi bahan bakarnya tidak fantastis, mengkonsumsi 0,260 lb/hp/rumah pada ekonomi maksimum. Diperkirakan bahwa mesin mengkonsumsi lebih dari 39 barel per jam dan biaya yang terlalu tinggi $ 34 per menit untuk menjalankan.

Komatsu D565A Dozer

Terutama digunakan oleh operator tambang di AS, Kanada, dan Australia, mesin ini adalah buldoser terbesar yang diproduksi dan telah diproduksi sejak tahun 1991. Mesin ini memiliki mesin 1.150 tenaga kuda dan mampu bergerak 90 yard kubik per lintasan.

Liebherr 9800 Mining Excavator

Liebherr 9800 Mining Excavator

Photo :

Liebherr yang selalu mengesankan, produsen beberapa derek kolosal, juga membangun salah satu excavator bucket terbesar dengan R 9800. Mesin lain yang biasanya digunakan untuk menambang, 9800 berbobot 1.785.700 pon dan memiliki kapasitas bucket 62 yard kubik. Anda tidak akan kesulitan menggali kolam untuk taman belakang Anda dengan ini.

Bagger 293 Bucket Wheel Excavator

Bagger tidak hanya ekskavator terbesar, tetapi juga memegang rekor dunia untuk kendaraan darat terbesar yang pernah dibuat. Dengan tinggi 310 kaki dan panjang 721 kaki, mesin Jerman berusia 4 tahun ini dapat memindahkan 100.000 yard kubik kotoran per hari dengan menggunakan 20 ember berputarnya. Ini benar-benar mengerikan.
 
NASA Crawler – Transporter

Crawler berusia 50 tahun ini sebenarnya sedang dimodifikasi pada tahun 2015 untuk membantu peluncuran pesawat luar angkasa yang akan membawa kita ke Mars. Crawler memiliki panjang 131 kaki, lebar 114 kaki dengan berat lebih dari 6 juta pon dan pada dasarnya digunakan untuk mengangkut roket NASA dari satu tempat ke tempat lain dengan kecepatan 1 mph.

 TBM (Mesin Bor Terowongan)

 TBM (Mesin Bor Terowongan)

Photo :

Judul mesin bor terowongan terbesar di dunia sebenarnya dipegang oleh "Big Bertha," yang berdiri dengan diameter 57 kaki yang sangat mengesankan. Itu secara khusus dibangun untuk menggali di bawah kota Seattle, untuk jalan 2 mil. Namun, di tengah proyek, mesin tersebut mogok dan sepertinya akan memakan waktu 2 tahun lagi hingga benar-benar diperbaiki.

 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya