Draupadi Murmu Jadi Presiden Terpilih India

Draupadi Murmu usai terpilih jadi Presiden India pada Kamis, 22 Juli 2022
Sumber :
  • AP Photo/Manish Swarup

VIVA Dunia – Draupadi Murmu jadi Presiden terpilih India pada Kamis, 21 Juli 2022. Kemenangan diperolehnya dengan meraup lebih dari 60 persen dari total nilai suara. Figur Yashwant Sinha dari oposisi mengakui kekalahan setelah tiga putaran penghitungan.

Elon Musk Batalkan Kunjungan ke India, Ini Alasannya

Draupadi Murmu mendapat 64,03 persen dari total nilai suara setelah tiga putaran penghitungan. Sementara Sinha berakhir dengan 35,97 persen.

Melansir dari NDTV, Jumat 22 Juli 2022, Murmu memperoleh 2.824 suara dengan nilai 4.83.299. Sedangkan Sinha menerima 1.877 suara dengan nilai 1.89.876.

Sosok Jenderal Termuda di Lingkungan Polri, Raih Bintang Satu Saat Berusia 45 Tahun

Draupadi Murmu terpilih menjadi Presiden India

Photo :
  • AP Photo

Presiden terpilih Draupadi Murmu akan dicatat dalam sejarah sebagai Presiden dari kalangan suku pertama India dan wanita kedua dalam jabatan tersebut.

Dukung Stabilitas Politik, Kadin Indonesia Hormati Putusan MK soal Sengketa Pilpres 2024

Pada umurnya yang menginjak 64 tahun, Presiden terpilih India itu merupakan perempuan yang akan menjadi presiden ke-15 India dan mengambil alih jabatan dari Ram Nath Kovind.

Presiden India terpilih Draupadi Murmu menerima kerumunan usai kemenangannya

Photo :
  • AP Photo/Manish Swarup

Murmu juga akan menjadi Presiden termuda dan pertama India yang lahir setelah masa kemerdekaan. Dia akan dilantik pada 25 Juli 2022 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya