Kapal Perang AS USS Frank Cable Berlabuh di Jakarta, Ada Bioskopnya

Kapal perang AS USS Frank Cable sedang berlabuh di Tj Priok, Jakarta
Sumber :
  • VIVA/Natania Longdong

VIVA Dunia – Kapal perang Amerika Serikat (AS) USS Frank Cable saat ini sedang berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Kapal yang bisa melaju dengan kecepatan 18 knot ini akan berada di Jakarta International Container Terminal 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara selama 4 hari ke depan.

Menhan Prabowo Beli 2 Kapal Perang Fregat PPA Buatan Italia Untuk Perkuat Alutsista TNI AL

Meskipun disebut sebagai kapal perang, kapal Frank Cable ini tidak dikhususkan untuk kepentingan perang semata melainkan juga bisa dibawa dalam misi memperbaiki kapal selam AS saat mengalami kerusakan.

"Kapal ini bisa memperbaiki kapal lain, agar kapal yang lain tidak perlu ke AS untuk memperbaikinya," ujar Petty Officer First Class yakni Jonathan Trejo saat menjelaskan hal itu di dalam kapal Frank Cable di Jakarta pada Jumat, 22 Juli 2022.

Rusia Kirim Kapal Perang Rudal Supersonik untuk Lindungi Iran dari Serangan Musuh

Kapal perang AS USS Frank Cable di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta

Photo :
  • VIVA/Natania Longdong

Trejo juga mengungkapkan bahwa sebelum ke Indonesia, kapal AS itu sempat mengunjungi dua negara lainnya.

Ketika Ratusan Pemotor Mudik Numpang Kapal Perang

"Sebelum ke Indonesia, kami ke Singapura dan Malaysia," tuturnya. 

Kepada awak media, Trejo mengungkapkan bahwa ada fasilitas lengkap yang disediakan di kapal itu yang mungkin tidak terpikirkan untuk kapal perang yakni bioskop, buku bacaan lengkap seperti novel hingga tempat untuk melukis.

Keberadaan kapal Frank Cable tersebut diresmikan pada 14 Januari 1978 oleh Rose A. Michaelis, istri dari Laksamana F. H Michaelie yang saat ini menjabat sebagai Kepala Material Angkatan Laut AS.

Kru kapal perang AS USS Frank Cable menunjukkan gambar-gambar dalam kapal

Photo :
  • VIVA/Natania Longdong

Nama kapal tersebut berasal dari seseorang bernama Frank Taylor Cable yang merupakan seorang pelopor awal dalam pengembangan kapal selam untuk Angkatan Laut AS. Dia adalah komandan sipil dalam pengembangan kapal selam USS Holland.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya