7 Fakta Masjid Nabawi, Ada Satu Kuburan Kosong, untuk Siapa?

Padati Makam Rasulullah, Jemaah Haji Salat Arbain di Masjid Nabawi
Sumber :
  • Darmawan/MCH2019

VIVA Dunia – Masjid Nabawi adalah masjid yang didirikan oleh Rasulullah bersama para sahabat. Masjid ini salah satu masjid yang tak pernah sepi dikunjungi oleh jemaah, baik itu pada musim Umroh maupun Haji.

Berapa Lama Hari Kiamat akan Berlangsung? Ini Penjelasannya

Masjid yang terletak di Kota Madinah tersebut termasuk masjid terbesar kedua setelah Masjidil Haram di Mekah. Banyak hal menarik dari Masjid Nabawi yang jarang diungkap.

Berikut VIVA telah merangkum beberapa sumber, 7 fakta menarik tentang masjid yang dulunya merupakan rumah Rasulullah SAW

Anjuran Melewati Jalur Berbeda Saat Berangkat dan Pulang Sholat Idul Fitri dari Para Ulama

1. Wakaf pertama Rasulullah

Rasulullah membeli lahan penjemuran kurma milik Suhail dan Sahl, dua anak yatim dari Bani Najjar yang berada dalam pemeliharaan As’ad bin Zurarah. Awalnya, kedua anak ini yang diwakili As’ad bin Zurarah enggan menjual lahan tersebut dan ingin ia ikhlaskan saja dijalan Allah.

Kisah Tantowi Yahya Ditarik Sosok Misterius di Raudhah Masjid Nabawi

Namun Rasulullah merasa enggan menerima pemberian dua anak yatim ini dan tetap ingin membeli tanah tersebut. Setelah berdiskusi cukup panjang akhirnya Rasulullah menilai harga tanah di sekitar untuk memperkirakan harganya. Setelah menemukan harga yang tepat, lalu beliau menebusnya.

2. Terdapat tempat mustajab

Raudhatun Jannah/Raudhah (Taman Surga) di Masjid Nabawi

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aji Styawan

Bagi Umat Muslim yang mengunjungi Masjid Nabawi pasti tidak akan melewatkan tempat yang diberi nama Raudhah. Bagaimana tidak Rasulullah SAW mengatakan area seluas 22 kali 15 meter tersebut adalah salah taman diantara taman-taman surga.

Area “taman surga” di Masjid Nabawi menempati ruangan antara kamar Nabi (sekarang menjadi makam Nabi Muhammad dan khalifah Abu Bakar Siddiq dan Umar bin Khattab) dan mimbar untuk berdakwah di dalam masjid lama.

3. Terdapat kuburan kosong

Diketahui pada sisi Selatan Masjid Nabawi terdapat makam Rasulullah bersama dua sahabatnya yang paling setia dan dua khalifah pertama Islam yakni Abu Bakar dan Umar bin Khattab.

Namun jika dilihat terdapat satu makam lagi yang telah disiapkan dan ternyata makam tersebut kosong. Lokasinya persis sebelah ketiga makam Rasulullah, Abu Bakar dan Umar.

Beberapa informasi mengatakan, bahwa makam kosong ini sengaja dipersiapkan untuk Nabi Isa alaihissalam, namun hingga sekarang spekulasi ini masih simpang siur. Wallahu alam bishawab.

4. Tiga lubang untuk mengintip ke dalam makam

Padati Makam Rasulullah, Jemaah Haji Salat Arbain di Masjid Nabawi

Photo :
  • Darmawan/MCH2019

Terdapat lubang untuk mengintip ke dalam Kamar Suci tersebut, namun makam Nabi SAW tidak terlihat. Lubang terbesar ada di sebelah kiri yang lurus menghadap makam Nabi SAW. Lubang tengah menghadap makam Abu Bakar, dan lubang kanan menghadap makam Umar.

5. Rumah Aisyah RA

Nabi SAW dimakamkan di rumah Aisyah, tempat Rasulullah tinggal saat wafat. Aisyah tinggal di rumah kecil nan sederhana di samping masjid. Rumah Aisyah dan Hafsa terletak di dalam Kamar Suci tersebut dan berdekatan satu sama lain. Mereka biasa berbicara satu sama lain dari rumah mereka sendiri.

6. Tempat pertama di Arab yang menikmati listrik

Keramaian Masjid Nabawi saat ibadah salat Jumat

Photo :
  • VIVA/Beno Junianto

Ketika Kerajaan Ottoman, Dinasti Usmani memperkenalkan listrik di Jazirah Arab, tempat pertama yang diprioritaskan untuk menikmati aliran listrik merupakan Masjid Nabawi. Saat itu bahkan Istana Sultan Ottoman di Istanbul belum dialiri listrik. Masjid ini mulai menyala sekitar tahun 1909.

7. Pita penurun suhu

Dalam payung raksasa di Masjid Nabawi terdapat pita biru, pita yang terbuat dari materia khusus ini dapat membuat suhu di bawahnya turun hingga 8 derajat celcius secara otomatis. Karena suhu di Arab Saudi sangatlah panas, bisa mencapai 45 derajat celcius. Tak heran, banyak jamaah yang berteduh di bawah payung raksasa tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya