Rusia Pangkas Ekspor Gas ke Eropa, Kini Tinggal 1 Turbin Beroperasi

Pipa-pipa gas milik Gazprom perusahaan gas milik negara Rusia diangkut crane
Sumber :
  • AP Photo/Misha Japaridze

VIVA – Perusahaan energi yang dikendalikan negara Rusia, Gazprom, telah mengumumkan pengurangan drastis pengiriman gas melalui pipa utamanya ke Eropa mulai Rabu, 27 Juli 2022. Perusahaan ekspor gas Rusia mengatakan pihaknya menghentikan pengoperasian salah satu dari dua turbin yang beroperasi terakhir karena kondisi teknis mesin.

5 Negara yang Bakal Jadi Medan Perang Jika Perang Dunia III Pecah, Indonesia Gimana?

Mereka juga memotong pengiriman gas harian melalui pipa Nord Stream menjadi 33m meter kubik per hari, atau sekitar 20 persen dari kapasitas pipa.

Sistem pipa gas Jerman dan Rusia Nord Stream I sebagian dimatikan karena sanksi

Photo :
  • Stefan Sauer/dpa via AP
Prilly Latuconsina Ketahuan Masak Pakai LPG 3 Kg, ESDM Beri Sindiran Menohok

"Kami memantau situasi dengan sangat cermat dalam pertukaran erat dengan badan jaringan federal dan tim krisis gas," kata kementerian ekonomi Jerman dalam sebuah pernyataan pada Senin, 25 Juli 2022, setelah pengumuman Gazprom.

“Menurut informasi kami, tidak ada alasan teknis untuk pengurangan pengiriman.”

Rusia Kirim Kapal Perang Rudal Supersonik untuk Lindungi Iran dari Serangan Musuh

Pipa Nord Stream 1 kembali memompa minggu lalu, setelah istirahat pemeliharaan 10 hari, tetapi Komisi Eropa telah memperingatkan bahwa gas yang ditutup oleh Rusia kemungkinan akan ditutup untuk seterusnya.

Pengumuman itu muncul ketika pemerintah Uni Eropa berdebat tentang rencana target penghematan gas 15 persen, yang dimaksudkan untuk menghindari krisis musim dingin jika Kremlin mematikan keran gas ke Eropa.

Melansir dari The Guardian, Selasa, 26 Juli 2022, tujuan Uni Eropa sekarang adalah menggunakan lebih sedikit gas  untuk musim dingin. Eksekutif Uni Eropa pekan lalu menuduh Moskow menggunakan energi sebagai senjata, dan meminta 27 negara anggota untuk menerima target penghematan gas sebanyak 15 persen secara sukarela, yang bisa menjadi wajib jika Brussels mengumumkan darurat pasokan.

Peta Pipa Jalur Gas Rusia ke Eropa.

Photo :
  • Instagram @arcandra.tahar

Para pejabat Uni Eropa berharap pertemuan 27 menteri energi blok itu di Brussels, pada hari Selasa, akan menstempel rencana penghematan gas 15 persen. Sebaliknya negara-negara dari seluruh penjuru Eropa telah mengajukan keberatan, dipimpin oleh Spanyol dan Portugal, yang relatif terisolasi dari jaringan pipa gas Uni Eropa.

Proposal tersebut dianggap dirancang untuk Jerman, yang menghadapi penjatahan energi saat negara itu berjuang untuk melepaskan ketergantungan selama puluhan tahun pada gas Rusia. Dalam gema perdebatan sengit dari krisis zona euro sepuluh tahun lalu, di mana argumen berkecamuk atas dana talangan, dan negara-negara selatan menyarankan warga mereka tidak harus membuat pengorbanan untuk kebijakan masa lalu orang lain.

Wakil Perdana Menteri Spanyol, Teresa Ribera, mengatakan pada pekan lalu bahwa negaranya diminta untuk melakukan pengorbanan yang tidak proporsional. Dia menunjuk pada investasi yang dilakukan negaranya pada infrastruktur gas alam cair, biaya yang dibebankan pada perusahaan dan konsumen Spanyol.

"Tidak seperti negara lain, kami orang Spanyol tidak hidup di luar kemampuan kami dari sudut pandang energi,” kata Ribera.

Sementara Portugal benar-benar menentang usulan Menteri Energinya, João Galamba, dengan mengatakan bahwa mereka tidak menjawab kebutuhan Spanyol atau Portugal, yang memiliki sedikit interkoneksi gas dengan negara-negara Eropa lainnya.  Yunani juga menentang target Uni Eropa sebanyak 15 persen, yang menurutnya membebani ekonomi dan konsumennya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya