Satu Orang Terluka Akibat Gempa Filipina, Tembok-tembok Runtuh

Gempa mengguncang Bangued, Provinsi Abra, Filipina hingga menyebabkan kaca dan dinding tembok hancur.
Sumber :
  • AP Photo/Raphiel Alzate.

VIVA Dunia – Gempa bumi kuat mengguncang Filipina utara pada Rabu 27 Juli 2022. Dilaporkan setidaknya satu orang terluka, banyak gangunan rusak, dan mengakibatkan banyak orang di ibu kota untuk berlari keluar. Gempa berkekuatan magnitudo 7.0 berpusat di sekitar provinsi Abra di daerah pegunungan, kata Renato Solidum, kepala Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina. 

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

“Tanah berguncang seperti saya berada di ayunan dan lampu tiba-tiba padam. Kami bergegas keluar dari kantor, dan saya mendengar teriakan dan beberapa rekan saya menangis,” kata Michael Brillantes, petugas keamanan kota Abra, Lagangilang, yang berada di dekat pusat gempa dilansir dari AP. 

Para karyawan keluar dari gedung saat gempa mengguncang Filipina.

Photo :
  • AP Photo/ Gerard Carreon.
Lebih Rendah dari Vietnam dan Filipina, Ekonomi Indonesia Diramal IMF Tumbuh Cuma 5 Persen

"Itu adalah gempa paling kuat yang pernah saya rasakan dan saya pikir tanah akan terbuka," kata Brillantes kepada AP melalui ponsel. 

Setidaknya satu warga lansia menderita luka di kakinya dan dirawat di sebuah klinik, kata Brillantes. Dia menambahkan, bahwa ada banyak rumah dan bangunan telah retak dinding, termasuk beberapa yang runtuh.

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Pihak berwenang sedang memeriksa apakah kerusakan atau tanah longsor telah terjadi di desa-desa pegunungan di pinggiran utara Abra, sebuah provinsi pertanian.

Sementara di Twitter, warga Filipina mengabadikan peristiwa bencana itu. Mereka lalu mengunggahnya ke media sosial. "Ya Tuhan, aku menyaksikan gempa bumi. Menara Bantay kini rusak," cuit Maria.

Kekuatan gempa diturunkan dari magnitudo awal 7,3 setelah analisis lebih lanjut. Gempa itu dipicu oleh pergerakan di patahan lokal pada kedalaman 25 kilometer (15 mil), kata lembaga itu, seraya menambahkan pihaknya memperkirakan kerusakan dan lebih banyak gempa susulan.

Gempa bumi kuat mengguncang Filipina utara pada Rabu 27 Juli 2022.

Photo :
  • AP Photo/Raphiel Alzate

Survei Geologi AS mengukur kekuatan gempa pada 7,0 dan kedalaman pada 10 kilometer (6 mil). Gempa dangkal cenderung menyebabkan lebih banyak kerusakan.

Filipina terletak di sepanjang "Ring of Fire" atau Cincin Api Pasifik, sebuah busur patahan di sekitar Samudra Pasifik tempat sebagian besar gempa bumi dunia terjadi. Negara itu juga dihantam oleh sekitar 20 topan dan badai tropis setiap tahun, menjadikannya salah satu negara paling rawan bencana di dunia. Sebuah gempa berkekuatan 7,7 menewaskan hampir 2.000 orang di Filipina utara pada tahun 1990.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya