7 Wilayah Negara yang Tak Terikat Hukum, Bebas Lakukan Apa Saja?

Pulau Pitcairn
Sumber :

VIVA Dunia – Ada beberapa wilayah tanpa hukum di dunia yang mungkin belum banyak diketahui. Padahal, dalam berdirinya sebuah negara dengan mempunyai berbagai wilayah tentu harus diiringi dengan hukum untuk menjaga keamanan sebuah negara maupun masyarakat yang mendiaminya. Hukum dibuat untuk ditaati supaya kehidupan bisa diatur dengan baik. 

Pemimpin Muslim Berpengaruh di Dunia Sebut Islamofobia Berawal dari Kesalahpahaman

Tanpa adanya aturan dan hukum, hampir dapat dipastikan akan banyak kekacauan yang terjadi. Walaupun demikian, masih banyak orang yang tidak menyukai dengan aturan tersebut. Hidup dengan kebebasan penuh dan tanpa hukum yang mengikat memang tampak menyenangkan untuk sebagian orang. Nah, bila kamu tertarik untuk hidup dengan penuh kebebasan, berikut wilayah tanpa hukum di dunia yang dirangkum dari berbagai sumber. 

1. Pakistan

Wajar jika Kementerian Ditambah sampai 40 untuk Indonesia yang Besar, Menurut Pengamat

Pakistan Route

Photo :

Pakistan yang dikenal sebagai negara yang mempunyai hukum syariat Islam ini ternyata mempunyai beberapa wilayah yang tanpa hukum. Salah satu wilayahnya berada di perbatasan Afghanistan dan Pakistan. Wilayah ini dikenal dengan Area Suku yang diakui federal

Kenaikan Cukai Picu Turunnya Produksi Rokok dan Penerimaan Negara

Walaupun secara yuridis termasuk ke dalam wilayah pemerintah federal Pakistan, tapi wilayah ini termasuk semi otonom. Dengan kata lain, penduduk di kota tersebut lebih terikat oleh kesukuan mereka ketimbang menerapkan hukum resmi yang berlaku di Pakistan. 

2. Gurun Sahara

Gurun Sahara, Afrika Utara.

Photo :
  • U-Report

Gurun Sahara yang mempunyai ketinggian mencapai 1.000 meter di atas permukaan laut ini dikelilingi dengan pegunungan Atlas yang indah. Sebab, menyuguhkan hamparan putih salju dan es yang memukau. Tapi ternyata, wilayah tersebut tidak terpaut dengan aturan hukum. Bila ada kejahatan, penduduk lokal tak tahu harus melapor ke mana karena tak ada hukum. 

Wilayah ini awalnya masuk sebagai koloni Spanyol hingga akhir abad ke-20. Maroko dan mauritania kemudian perang dengan suku asli Sahara untuk mencaplok hak atas wilayah itu. Mauritania kemudian menyerah dan Maroko mengklaim daerah itu sebagai wilayahnya. Meski Maroko mengakui daerah tersebut sebagai wilayahnya, tapi PBB tak mengakui klaim itu. 

3. Lautan Lepas Tanpa Pemilik

ilustrasi arus di Samudra Atlantik

Photo :
  • RHo (WMF)/Wikimedia

Bila kamu suka dengan kehidupan tengah laut seperti penjelajah samudra, maka wilayah perairan internasional cocok untukmu. Wilayah perairan negara manapun hanya mencapai 22 kilometer dari garis pantai. Kamu belum benar-benar bebas hingga melewati zona tambahan seluas 22 kilometer lagi. 

Meski sudah melewati batas itu, bila kamu terlibat dalam kegiatan menjarah atau perompak, maka negara mana saja memiliki kemampuan untuk menyerang dan menghukum. Tapi, lautan adalah wilayah yang sangat luas. Jadi, asal kamu tidak terlalu menarik perhatian, kamu tidak akan terdeteksi oleh apapun. 

4. Somalia

VIVA Militer: Kelompok Ekstrimis Islam al-Shabaab di Somalia, Afrika

Photo :
  • Military

Sejak Januari 1991, pemerintahan pusat Somalia runtuh karena perang saudara berdarah yang masih berlangsung hingga saat ini. Setelah 20 tahun lamanya, Somalia menjadi negara anarki yang penuh dengan peperangan antar kelompok untuk bisa menguasai pecahan negara itu. 

Usaha untuk menata kembali negara sudah dilakukan selama beberapa kali, tapi masih belum memperlihatkan hasil. Sedangkan wilayah Somalia masih terpecah belah dikuasai kelompok separatis dan bajak laut. Pada dasarnya, tidak ada hukum atau kepolisian yang mengaturnya. 

5. Kepulauan Balleny di Kutub Selatan

Pulau paling rahasia di dunia: Torres Strait Islands, Australia

Photo :
  • Black Platinum Gold

Tahun 1923 silam, pemerintah Inggris memutuskan untuk memberikan New Zealand sebagian lahannya di wilayah kutub selatan yang tertutup es. Meski cukup luas sampai ke pulau Balleny, sampai saat ini New Zealand tidak tahu apa yang harus diperbuat dengan wilayah tersebut. 

Sampai saat ini, masih belum ada usaha untuk membangun tempat tinggal di pulau itu. Meski ada peraturan yang menyatakan bahwa kejahatan akan diancam hukuman, tapi belum ada orang yang benar-benar mau melakukan perjalanan kesana untuk menegakkan hukum. 

6. Amerika

Pantai Imperial, California, AS

Photo :
  • Google Maps

Amerika juga mempunyai beberapa daerah yang tidak terikat hukum. Slab City merupakan sebuah kota di daerah kering gurun Sonoran, California. Secara resmi, daerah ini masih masuk ke dalam negara bagian California tapi wilayahnya cukup kecil dan terpencil sehingga hampir tak tersentuh pemerintah. 

Saat ini, kota tersebut hanya terdiri atas sisa barak militer tua. Kebanyakan penduduknya tinggal di dalam mobil RV, kemah, dan tenda. Walaupun membeli kebutuhannya dari kota terdekat, penduduk menganggap diri mereka berbeda dan menjauhi kehidupan mewah ala dunia modern. 

7. Pulau Pitcairn

Pitcairn Islands

Photo :
  • Facebook World Awesome Destination

Pulau Pitcairn yang berada di Selatan Samudera Pasifik ini juga menjadi sebuah wilayah yurisdiksi dengan populasi terkecil di dunia. Wilayahnya juga hanya mencapai 47 kilometer persegi sehingga tidak mempunyai hukum yang jelas. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya