Tragis, 28 Orang Tewas 60 Lainnya Sakit Akibat Minum Minuman Keras

Ilustrasi minuman keras (miras)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

VIVA Dunia – Sedikitnya 28 orang tewas dan 60 lainnya jatuh sakit akibat minuman keras oplosan di India barat, kata para pejabat Selasa 26 Juli 2022.

Puluhan Orang Didenda Gara-gara Mencuci Mobil

Pejabat senior pemerintah, Mukesh Parmar, mengatakan kematian terjadi di distrik Ahmedabad dan Botad di negara bagian Gujarat, di mana pembuatan, penjualan dan konsumsi minuman keras dilarang. Tidak segera diketahui bahan kimia apa yang digunakan untuk mengoplos minuman keras tersebut.

Dilansir AP, Rabu 27 Juli 2022, Kepala Polisi Negara Bagian Gujarat, Ashish Gupta, mengatakan beberapa tersangka penyelundup yang terlibat dalam penjualan alkohol berduri telah ditahan.

Tak Punya SIM, Begini Hasil Tes Urine Sopir Truk Penyebab Kecelakaan Beruntun di GT Halim

Minuman beralkohol.

Photo :
  • U-Report

Kematian akibat alkohol yang dibuat secara ilegal sering terjadi di India, karena minuman keras ilegal itu murah. Namun minuman keras ilegal itu sering dibubuhi bahan kimia seperti pestisida untuk meningkatkan potensinya.

BPJPH: Produk Non Halal di Indonesia Wajib Cantumkan Keterangan Tidak Halal

Minuman keras ilegal juga telah menjadi industri yang sangat menguntungkan di seluruh India. Para pembuat minuman keras tidak membayar pajak dan menjual produk mereka dalam jumlah besar kepada orang miskin dengan harga murah.

Pada tahun 2020, setidaknya 120 orang meninggal setelah minum minuman keras tercemar di negara bagian Punjab utara India.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya