Presiden Afganistan Kunjungi AS

Presiden Hamid Karzai diapit oleh kedua wakil presiden Afganistan
Sumber :
  • AP Photo/Musadeq Sadeq

VIVAnews - Presiden Afganistan, Hamid Karzai, tiba di Amerika Serikat (AS), Senin 10 Mei 2010. Karzai akan berada di AS selama empat hari untuk berunding dengan pemerintah AS dengan tujuan memperbaiki hubungan antara Afganistan dan AS yang mengalami pasang surut.

Seperti dikutip dari laman stasiun televisi BBC edisi SeninĀ  utusan AS untuk Afganistan, Karl Eikenberry, yakin kunjungan tersebut akan membuat dua negara makin "selaras". Karzai sendiri diperkirakan akan memfokuskan pembicaraan pada peristiwa di mana korban sipil terbunuh oleh pasukan asing. Sedangkan pejabat AS kemungkinan akan menyerang Karzai dengan persoalan korupsi.

Karzai dijadwalkan bertemu Presiden Barack Obama pada Rabu mendatang. Hubungan AS-Afganistan tahun lalu mengalami pasang-surut setelah Karzai memenangkan pemilu yang oleh kalangan luas dikecam karena dugaan kecurangan dalam pelaksanaan pemilu.

Selain akan melakukan pertemuan selama tiga jam dengan Obama, Karzai juga dijadwalkan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton dan Menteri Pertahanan Robert Gates.

Kunjungan Karzai ke AS ini dilakukan di tengah saat-saat krusial bagi Afganistan. NATO sedang bersiap melancarkan serangan di Provinsi Kandahar, dan para pejabat pemerintah Afganistan akan melakukan pertemuan dengan para pemimpin suku untuk merundingkan cara mencapai perdamaian.

Mendag Zulhas Sebut Kenaikan Harga Bawang Merah Akibat Banyak Pedagang Belum Mulai Berjualan

AS berharap bisa mulai menarik pulang pasukan dari Afganistan pada Juli 2011, tetapi aksi kekerasan di Afganistan makin meningkat sejak tahun lalu. (umi)

Pemain Timnas Indonesia, Marc Klok (kiri) dan Shayne Pattynama (kanan)

Timnas Indonesia U-23 Mengganas di Piala Asia, Marc Klok: Masa Depan Cerah

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok, mengungkapkan kekagumannya terhadap kesuksesan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024