WHO Catat Lebih dari 18 Ribu Kasus Cacar Monyet Secara Global

Cacar monyet
Cacar monyet
Sumber :
  • The Sun

VIVA Dunia – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat lebih dari 18 ribu kasus cacar monyet yang dilaporkan secara global dari 78 negara, dengan mayoritas di Eropa. Sejauh ini, 98 persen kasus di luar negara-negara di Afrika di mana virus itu merupakan endemik telah dilaporkan pada pria yang berhubungan seks dengan pria, kata WHO, Rabu 27 Juli 2022.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mendesak kelompok pria sesama jenis untuk mempertimbangkan mengurangi jumlah pasangan seksual mereka dan meminimalisasi kontak dengan pasangan baru.

Dirjen WHO Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus

Dirjen WHO Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus

Photo :
  • WHO

"Ini adalah wabah yang dapat dihentikan, cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengurangi risiko paparan. Itu berarti membuat pilihan yang aman untuk diri sendiri dan orang lain," kata Tedros dalam konferensi pers dari Jenewa.

Dia, melanjutkan.WHO telah menyatakan wabah cacar monyet sebagai darurat kesehatan global. Badan PBB tersebut merekomendasikan vaksinasi untuk kelompok berisiko tinggi, termasuk pria yang berhubungan seks dengan pria dengan banyak pasangan seksual dan petugas kesehatan.

WHO memperingatkan bahwa perlu beberapa minggu setelah mendapatkan dosis kedua vaksin untuk sepenuhnya terlindungi, jadi seseorang harus mengambil tindakan pencegahan lain sampai saat itu.

Cacar monyet

Cacar monyet

Photo :
  • times of india
Halaman Selanjutnya
img_title