Upayakan Perdamaian Dunia, Jokowi Diapresiasi China, Jepang dan Korsel

Presiden Jokowi mendarat di Bandara Militer Seoul, Korea Selatan
Sumber :
  • Shin Hyun-woo/Yonhap via AP

VIVA Dunia – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan, kepemimpinan Presiden Joko Widodo mendapatkan apresiasi dari negara-negara lain. Terutama tiga negara yang dikunjungi, yakni China, Jepang dan Korea Selatan. Yakni atas kontribusi Jokowi pada perdamaian permasalahan global.

Terima Kunjungan LBBP Jepang, Menaker Berharap Kerja Sama Ketenagakerjaan Indonesia-Jepang Meningkat

Menlu Retno menjelaskan, pada kunjungan Presiden kali ini, terdapat beberapa hal yang dapat diambil.

"Pertama kunjungan ini berhasil memperkokoh kerja sama ekonomi. Pendekatan kerja sama yang dibangun Indonesia selalu berdasarkan pada kerja sama yang terbuka inklusif dan saling menguntungkan," kata Retno dalam Youtube Sekretariat Presiden, Kamis 28 Juli 2022.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

Presiden Jokowi (kiri) bersama Presiden China Xi Jinping (kanan) saat bilateral beberapa waktu lalu.

Photo :
  • News.com

Retno menjelaskan, kepercayaan pemerintah dan swasta dari ketiga negara tersebut terhadap stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi Indonesia, sangatlah kuat.

Mobil Listrik Toyota bZ3C dan bZ3X Resmi Meluncur, Begini Tampilannya

Kemudian kedua, hal yang dapat diambil dari kunjungan Jokowi adalah memperkuat rajutan persahabatan dan kerja sama. Dan upaya itu jelasnya akan terus dilakukan oleh Pemerintah. Meskipun situasi dunia saat ini dipenuhi rivalitas.

"Dan dalam setiap pertemuan para pemimpin memberikan apresiasi terhadap kepemimpinan Presiden Jokowi, dalam memberikan kontribusi bagi perdamaian dan permasalahan global," ujarnya.

Presiden Jokowi dan PM Jepang Fumio Kishida di Tokyo, Jepang

Photo :
  • ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev

Untuk ketiga, kunjungan ini juga akan memperkuat dukungan bagi Indonesia sebagai Presidensi G20 di Bali, pada November mendatang.

"Keempat mempertimbangkan posisi strategis negara tersebut dalam hubungan dengan ASEAN, dan mengingat Indonesia akan menjadi ketua ASEAN tahun depan maka kunjungan ini sangat bermanfaat bagi persiapan keketuaan Indonesia tahun depan," jelasnya.

Sebelumnya, pada Juni 2022 Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana telah bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Dalam kunjungannya kedua negara tersebut, Jokowi mengupayakan perdamaian bagi kedua negara yang berperang itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya