Rusia Kembali Gempur Ibu Kota Ukraina Kiev

VIVA Militer: Serangan rudal militer Rusia di Kiev, Ukraina
Sumber :
  • marca.com

VIVA Dunia – Pasukan Rusia melancarkan serangan rudal di wilayah Kiev untuk pertama kalinya dalam beberapa minggu pada Kamis, 28 Juli 2022. Selain itu, Moskow juga menggempur wilayah utara Chernihiv.

Demi Alasan Keamanan, Polandia Siap Tampung Senjata Nuklir NATO

Sementara itu, pejabat Ukraina mengumumkan serangan balasan untuk merebut kembali wilayah Kherson yang diduduki Rusia di selatan negara itu. Wilayah Kherson adalah wilayah yang direbut oleh pasukan Presiden Rusia Vladimir Putin di awal perang.

Rusia menyerang wilayah Kiev dengan enam rudal yang diluncurkan dari Laut Hitam yang menghantam sebuah unit militer di desa Liutizh di pinggiran ibukota, menurut Oleksii Hromov, seorang pejabat senior di Staf Umum Ukraina.

Kerjasamanya dengan Iran dan Rusia Disebut Sumber Kejahatan oleh AS, China Murka

VIVA Militer: Serangan rudal militer Rusia di Kiev, Ukraina

Photo :
  • newindianexpress.com

Dia mengatakan bahwa serangan itu menghancurkan satu bangunan dan merusak dua lainnya, serta pasukan Ukraina menembak jatuh salah satu rudal Rusia di kota Bucha.

Deretan Negara yang Dianggap Paling Siap Hadapi Perang Dunia 3

15 Orang Terluka

Melansir AP, Jumat, 29 Juli 2022, lima belas orang terluka dalam serangan Rusia tersebut. Lima di antaranya warga sipil, kata Gubernur regional Kiev Oleksiy Kuleba.

Kuleba mengaitkan serangan itu dengan Hari Kenegaraan, sebuah peringatan yang dilembagakan oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky tahun lalu dan dirayakan oleh Ukraina pada hari Kamis.

"Rusia, dengan bantuan rudal, melakukan pembalasan atas perlawanan rakyat yang meluas, yang dapat diorganisir oleh Ukraina justru karena kenegaraan mereka,” kata Kuleba kepada televisi Ukraina. 

"Ukraina telah melanggar rencana Rusia dan akan terus mempertahankan diri."

Gubernur wilayah Chernihiv Vyacheslav Chaus melaporkan bahwa Rusia juga menembakkan rudal dari wilayah Belarus ke desa Honcharivska.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya